AYO MENULIS, GURU


GERAKAN GURU MENULIS BUKU (G2MB): TEMA 2


Tema 2 “Hukuman Guru” sebagai Cambuk Kesuksesanku

Pengantar
Adakah kita para guru pernah memiliki pengalaman pahit, yakni diberi hukuman oleh guru kita, entah guru SD/MI, SMP/MTs, atau SMA/MA/SMK, namun justru menjadi cambuk bagi kesuksesan kita? Maksudnya, hukuman guru kita itu menjadi sumber inspirasi dan motivasi kita yang sangat kuat untuk “menjadi orang” seperti sekarang ini. Tuangkan pengalaman itu menjadi tulisan yang memikat dan layak dibagi dengan pembaca. Gambarkan bagaimana Anda mengalami hukuman itu, bagaimana ia menyatu dengan hidup Anda, hingga akhirnya Anda sadari bahwa ternyata hukuman guru membuahkan hasil yang luar biasa: memposisikan Anda seperti sekarang ini. Tanpa hukuman itu, mungkin Anda menjadi orang dengan posisi lain.

Waktu Pelaksanaan: 7 Februari 2012—7 Maret 2012

Peserta/Penulis:
Kami mengundang teman-teman Guru (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK) yang termasuk di dalam grup ini.


Alamat Pengiriman Naskah:

Naskah dalam bentuk attachment dikirim ke muchkhoiri@yahoo.co.id
atau much_choiri@yahoo.com dengan tittle G2MB2 -nama penulis. Misalnya: G2MB2- Budianto Wibowo

Kriteria Kelayakan Naskah
1. Bobot konseptual atau gagasan
2. Organisasi gagasan dalam tulisan
3. Orisinalitas
4. Gaya bahasa

Ketentuan-ketentuan
1. Naskah esai prosaik dengan gaya bahasa yang lincah, terlebih dibumbui humor atau intermezo.
2. Naskah harus diberi judul yang representatif atau mewakili (memayungi) keseluruhan isi naskah. Misalnya: “Guruku, Inspirasiku”.
3. Meski tidak terbagi secara eksplisit, naskah perlu mencakup tiga bagian: bagian pengantar, bagian pembahasan, dan bagian penutup (hikmah).
4. Lebih baik naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun elektronik. (Jika pernah dipublikasikan, mohon mencantumkan riwayat pemuatan.)
5. Naskah ditulis di atas kertas ukuran A4, margin normal, 1.15 spasi, maksimal 4 halaman, Calibri 12 point, disertai footnote / daftar pustaka bila terdapat rujukan atau kutipan.
6. Satu orang penulis hanya boleh mengirim maksimal 2 naskah.
7. Halaman akhir naskah dilengkapi dengan data pribadi (nama, usia, alamat, no HP, email) dan riwayat kepenulisan (misalnya: pernah jadi redaktur, pernah menerbitkan buku atau karya lain, pemenang lomba menulis, dsb.)
8. Naskah yang masuk menjadi milik panitia seleksi naskah. Jika dipandang perlu, naskah yang masuk dan isinya layak terbit, namun masih perlu direvisi misalnya, kami akan memberi kesempatan kepada penulis untuk merevisinya segera.
9. Keputusan panitia seleksi adalah kuat dan tidak dapat diganggu gugat.

Setiap penulis yang naskahnya dibukukan akan mendapatkan royalty 10% dari penjualan buku dibagi jumlah penulis.

Selamat menulis......dan Sukses.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar