Anakku diuntungkan



Kurikulum 2013 Menguntungkan Anakku

Oleh: Rustiani Widiasih

          Ada perbedaan yang mencolok pada kurikulum 2013 yaitu aspek yang dinilai tidak  ditentukan pada unsur kognitif saja melainkan pada sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, keterampilan dan  muatan lokal. Dengan adanya tambahan unsur yang dinilai tersebut, justru itu sangat menguntungkan anak-anak yang unggul tidak dalam segi pengetahuan atau kognitif saja.
          Anakku termasuk anak yang kerang unggul dalam segi kognitif namun dia mempunyai keunggulan dalam bidang sosial, keterampilan, dan spiritual. Sebelum menerapkan kurikulum yang tematik seperti saat ini, anakku tidak mendapatkan peringkat sepuluh besar di kelasnya. Namun sejak kelas IV dimana kurikulum 2013 mulai diterapkan, dia mendapatkan juara sepuluh besar. Aku sungguh tidak mengira akan perkembangan yang disampaikan gurunya bahwa anakku termasuk berani dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Anak memang dituntut untuk kreatif dan berani bertanya.
          Kalau saya rasakan, memang benar juga kurukulum kita harus segera diubah. Keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh kepintaran saja. Kesuksesan memerlukan sikap yang baik, ibadah yang taat, keterampilan dan juga keberanian mencoba.
          Mudah-mudahan generasi emas bangsa ini dapat terwujud pada waktu yang ditentukan. Semoga generasi mendatang menjadi generasi yang baik tingkah lakunya, baik tutur bahasanya, terampil, kreatif,  berani, dan taat menjalankan agama yang dianut. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar