RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / Ganjil
Sub Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan
perhatian /sympathy
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Dasar :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar:
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan Komunikasi intersaksional dengan guru dan teman.
3.3 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian
(care), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C.
Indikator
:
· Menghargai
bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
· Memiliki
perilaku santun dan peduli dalam berinteraksi komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
· Mengenal
ungkapan- ungkapan menunjukan perhatian
· Melafalkan
ungkapan- ungkapan menunjukan perhatian
· Membandingkan
penggunaan ungkapan- ungkapan menunjukan perhatian
dalam
komunikasi
· Mempraktekan
ungkapan- ungkapan menunjukan perhatian
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
2. Siswa
memiliki perilaku santun dan peduli dalam berinteraksi interpersonal dengan
guru dan teman
3. Diberikan
beberapa ungkapan dalam bentuk audio visual,siswa mengenal ungkapan- ungkapan
menunjukan perhatian
4. Diberikan
beberapa ungkapan siswa melafalkan ungkapan- ungkapan menunjukan perhatian
5. Diberi
beberapa ungkapan siswa membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan menunjukan
perhatian dalam komunikasi
6. Diberi
beberapa ungkapan menunjukan perhatian, siswa mempraktekan ungkapan- ungkapan
menunjukan perhatian
E.
Materi
Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care)
Fungsi
sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
·
Ungkapan untuk memberi perhatian dan
cara meresponnya: You look pale. Are you
OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur
kebahasaan:
1.
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
pelafalan
F.
Metode
Pembelajaran
·
Metode :
scientific
·
Model :
Discovery Learning
·
Teknik
: Role play
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :
Audio
Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis, LCD
Sumber pembelajaran: kurikulum 2013,
Audio, suara guru, buku bahasa Inggris kelas X
H.
Kegiatan
Pembelajaran
v Kegiatan
awal
1. Salam
dan tegur sapa
2. Check
kehadiran siswa
3. Memotivasi
siswa terhadap materi yang akan dibahas
4. Menyampaikan
tujuan materi yang akan dibahas
v Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
diperlihatkan sebuah dialog.
·
Siswa
mengamati beberapa hal dari dialog berdasarkan pertanyaan yang dipersiapkan
guru.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi
menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan
perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, hal-hal lain yang ingin siswa
ketahui dari materi showing care.
Mengeksplorasi
·
Siswa
diperlihatkan sebuat audiovisual tentang showing care
·
Siswa
menirukan cara pengucapannya dengan benar.
·
Secara
berkelompok siswa membuat dialog singkat berdasarkan situasi yang diberikan
·
Secara
berkelompok siswa menyusun sebuah melengkapi sebuah dialog yang diberikan
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang telah dipelajari dengan yang
ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa
membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa
melaporkan hasil diskusi berupa ungkapan untuk menunjukan perhatian dalam dialog
H.
Penilaian
Kriteria Penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur
teks menunjukkan perhatian
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
Cara Penilaian:
PENILAIAN
Informal test
: Ketika tanya jawab
Formal Test :
Ketika siswa perpasangan mendemonstrasikan dialog di depan
Kelas (Penilaian Speaking )
Aspek yang dinilai
: pronunciation , fluency,
accuracy, dan content
RUBRIK
PENILAIAN “SPEAKING”
Kelas : _____
Tema : ___________
No
|
Nama |
Aspek
Penilaian
|
Jml
|
Skor
|
|||
Grammar dan Vocabulary
|
Managemen Wacana
|
Ucapan dan Intonasi
|
|||||
4 = amat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
0 = amat kurang
Unjuk kerja
· Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan untuk menunjukkan perhatian
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ungkapan untuk menunjukkan
perhatian
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukkan perhatian (care) ketika
muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan
dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi
Pedoman Observasi Sikap
Santun
·
Petunjuk :
·
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
·
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
·
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
·
kadang-kadang tidak melakukan
·
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
·
sering tidak melakukan
·
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
·
Nama Peserta Didik : ………………….
·
Kelas :
………………….
·
Tanggal Pengamatan : …………………..
·
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melakukan tegur sapa dengan santun
|
||||
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima kepedulian orang lain
|
||||
3
|
Menggunakan bahasa santun saat
menyampaikan pendapat
|
||||
4
|
Menggunakan bahasa santun saat
mengkritik pendapat teman
|
||||
5
|
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk Penilaian
Writing:
Format Penilaian :
No
|
Nama
|
Rentang Skor
|
|||||
Structure
of Text
|
Text
Managements
|
Accuracy
|
Coherences
(Relationship of ideas )
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
0 - 4
|
0 - 4
|
0 - 4
|
0 – 4
|
||||
● Nilai = Jml. Skor X 100
16
Pensekoran untuk test
Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X
100
Skor maksimal
Ponorogo, 26 Juni 2014
Ponorogo, 26 Juni 2014
Guru Bahasa Inggris
SMA Negeri 1 Badegan
Rustiani Widiasih, M.Pd
Mencoba membuat RPP. Mohon masukannya....
BalasHapusTerima kasih ibu Rustiani, sangat membantu sebagai panduan belajar buat yang lain.
BalasHapusAlhamdulillah pak Duljani jika RPP saya bermanfaat. Terimakasih atas komentarnya.
Hapusmaaf bu, kegiatan penutup berupa refleksi, penugasan, atau kesimpulan dari siswa dan guru belum ada,trimakasih
BalasHapusTerimakasih masukannya. Memang RPP saya sangat perlu masukan. RPP saya edisi terbaru sudah saya tambahkan masukannya. Salam.
Hapus