Ilmu Bola



Ilmu Bola

Oleh: Rustiani Widiasih

        Tentunya banyak yang sudah mengetahui ilmu padi, makin  tua makin berisi dan makin menunduk. Maksudnya adalah semakin banyak kelebihan yang dimiliki seseorang, dia akan semakin rendah hati kepada sesama manusia dan tawadhu’ terhadap Allah SWT.
        Lalu bagaimana dengan ilmu bola? Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola tentunya adalah bola yang bagus tidak kempes, dan  layak dipakai. 

        Bola yang jelek, tidak akan  di pakai karena tidak layak untuk digunakan dan tidak ada daya tariknya lagi. Anak-anak juga tidak mau main sepak bola dengan bola yang jelek dan kempes.

 Bola  yang bagus dan digunakan untuk permainan sepak bola itu lalu ditendang kesana kemari agar bisa dimasukkan ke gawang. Kalau bola berhasil dimasukkan ke gawang berarti bisa mencetak goal.  Goal disambut gembira dan sorak sorai penuh kegembiraan. Itulah  ilmu bola.
        Kalau bola diibaratkan dengan orang, orang yang  tidak memiliki keunggulan atau kebaikan, pastilah tidak akan digunakan oleh orang lain. Orang semacan ini tidak diperhitungkan dalam masyrakat. Sebaliknya, orang yang baik, mempunyai keunggulan, berkualitas tinggi, pasti akan diperhitungkan dalam masyarakat. Orang semacam ini biasanya menjadi daya tarik bagi orang lain untuk dilihat, dikritik, dan juga di “tendang” sana sini.
        Jika pembaca termasuk orang yang menjadi pusat perhatian seperti di atas, maka tidak usah terlalu pusing memikirkan omongan orang. Yang penting Anda berjalan pada jalur yang benar. Kelak jika Anda berhasil pun mereka tidak akan pernah  berhenti “menendang” Anda.
        Banyak sekali kisah tentang kedasyatan omongan miring orang. Dalam satu sisi, bisa menjadi pemompa, di sisi yang lain jusru menjadi pengembos saja. Itu semua tergantung bagaimana kita yang menganggap omongan miring orang. Jika kita menggunakan sebagai obat akan menyehatakan, jika kita anggap sebagai cambuk akan semakin memacu kita. Jika kita anggap sebagai racun, akan membunuh kita.
        Jadi,  jika Anda mempunyai misi yang jelas dalam hidup Anda, teruslah berjalan menuju tujuan hidup Anda.  Di sepanjang perjalanan itu  anda akan mendengan omongan orang. Ambil positifnya saja. Ingat, Anda adalah “bola yang bagus”. Anda akan ditendang di sana sini. Kelas jika anda bisa mencetak goal, Anda akan merasakan kesenangan dan kepuasan yang tiada taranya. Rasanya indah dan manis sekali jika anda bisa melewati satu goal dalam hidup Anda. Buktikan!

1 komentar:

  1. Apakah Anda pernah diperlakukan seperti bola yang "ditendang" oleh teman atau orang lain?

    BalasHapus