Penilaian Kinerja Guru.
Mau tidak mau sebagai seorang guru
saya harus mengikuti peraturan yang berlaku salah satunya adalah dalam
hal PKG atau Penilaian Kinerja Guru. Banyak hal yang harus dipenuhi
untuk mendapatkan nilai yang bagus. Jujur aku bingung dalam memasukkan
indikator dan bukti / fakta kedalam empat kolom yaitu: Sebelum
pengamatan, selama pemngamatan, setelah pengamatan dan pemantauan.
Semoga Indikator berikut bisa membantu pembaca sekalian.
Penilaian untuk Kompetensi 1
1.Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar
setiap peserta didik di kelasnya.
(1)Guru memiliki data
tentang hasil belajar
(2)Guru memiliki
cacatan khusus siswa
(3)Guru memiliki catatan
kelebihan dan kekurangan peserta didik.
2.Guru memastikan bahwa semua peserta didik
mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
(1)Merancang kegiatan
pembelajaran yg sesuai dengan karakteristik peserta didik
(2) Guru memberi stimulasi ke
semua siswa untuk bertanya, menjawab, dan berkomentar
(3)Guru memberi
pertanyaan terbuka dan memberi kesempatan ke semua siswa untuk menjawabnya
(4)Guru memberi
pertanyaan pelacak
(5)Guru memberi
kesempatan kepada siswa/ kelompok siswa untuk melakukan prsesentasi, yang lain
menanggapi
(6)Guru melakukan pengecekan
secara rutin bahwa semua peserta didik
secara aktip melaksanakan kegiatan pembelajaran yang diberikan
3.Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
(1)Guru mengatur tempat duduk siswa sehingga memungkinkan siswa
unutk saling beriteraksi sesuai dengan karakteristik peserta didik
(2)Guru memberi kesempatan belajar peserta didik sesuai dengan
kemampuan belajarnya
(3)Guru membimbing belajar siswa yang kelainan fisik/
lambat dalam belajar
4.Guru mencoba mengetahui
penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku
tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
(1)Guru mempunyai
data pribadi peserta didik
(2)Guru memberi
perhatian khusus pada siswa yang berkelainan untuk mencegah agar perilaku
tersebut tidak merugikan peserta didik lain
(3)Guru memiliki buku agenda tindak lanjut tentang
perilaku siswa
5.Guru membantu mengembangkan
potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
(1)Guru memberi tugas testruktur/ tugas mandiri tak terstruktur
dalam proses pembelajaran untuk membantu mengembangkan potensi siswa
(2)Guru memberi kesempatan pada siswa/ kelompok untuk melakukan
prsesentasi, siswa lain menanggapi
(3)Guru
memberikan bimbingan pada peserta didik
untuk mengatasi kesulitan belajar
6.Guru memperhatikan peserta
didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas
pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan
(tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
(1)Guru mengatur tempat duduk pada anak yang mempunyai kelemahan
sehingga ia mampu leluasa beraktivitas
(2)Guru
memberi penguatan pada anak yang mempunyai kelemahan tertentu
Penilaian untuk Kompetensi 2
1.Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya
melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
(1)Penerapan kegiatan
pembelajaran eksplorasi /menekankan pada
siswa belajar
(2) Penerapan 2 kegiatan pembelajaran yang kreatif dan
inovatif
(3)Guru menggunakan alat bantu pembelajaran
(4)Guru memberikan kesempatan
siswa bertanyadan meresponnya
(5)Gurumemberikan kesempatan
siswa menjawab pertanyaan sesama siswa
(6)Guru memberikan kesempatan
siswa menyimpulkan hasil pembahasan pokok materi
(7)Ketepatan strategi
pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran
2.Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta
didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas
pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
(1.)Guru mengajukan pertanyaan /
konfirmasi / memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pembelajaran
yang telah lalu
(2.)Guru melakukan aktivitas
pembelajaran disesuaikan dengan hasil konfirmasi
(3.)Guru melakukan evaluasi
terhadap pokok materi untuk mengetahui daya serap
(4)Guru memberikan tugas yang
berhubungan dengan pokok materi untuk memperdalam pemahaman materi
3.Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan / aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran
(1)Menyampaikan tujuan
menyampaikan alasan mempelajari materi saat itu
(2) Guru melaksanakan Strategi pembelajaran sesuai
rencana dan sesuai dengan harapan tingkat keberhasilan
(3)Guru melakukan perubahan strategi pembelajaran
(4)Ada peningkatan keberhasilan
pada perubahan strategi pembelajaran
4.Guru menggunakan berbagai teknik untuk
memotiviasi kemauan belajar peserta didik
(1)Guru menggunakan pendekatan
kontekstual learning
(2)Guru menggunakan metode
bervariasi (Diskusi, ceramah interaktif, tanya jawab)
(3)Menggunakan media bantu
5.Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang
saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun
proses belajar peserta didik.
(1)Dokumen RPP sesuai standar (7
Komponan dalam 1 kesatuan)
(2)RPP disusun untuk lebih dari 1
kali pertemuan
(3)RPP disusun sesuai dengan
tujuan pembelajaran
(4)Kesesuaian dalam pelaksanaan
pembelajaran
6.Guru memperhatikan respon peserta didik yang
belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
(1.)Guru merespon pertanyaan
siswa yang kurang jelas tentang pembelajaran yang disampaikan
(2)Guru memberikan penegasan
terhadap pertanyaan siswa yang kurang difahami kepada semua siswa
(3)Guru melakukan review RPP yang
disampaikan dan perbaikan pada pertemuan berikutnya
Penilaian untuk Kompetensi 3
1.Guru dapat menyusun silabus
yang sesuai dengan kurikulum.
(1)Dokumen analisis kontek
Analisis Standar isi (SKL dan Tujuan MP )
(2)Dokumen
Pemetaan SK / KD,
(3)Dokumen KKM
(4)Dokumen silabus
(5)Dokumen Prota dan Prosem
2.Guru merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu
agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
(1)
Dokumen RPP
(2)
Kelengkapan Komponen RPP yang
benar
(3)
Dokumen bahan ajar
1.Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran.
(1)KBM dilakukan dengan urutan
Pendahuluan,
(2)KBM dilakukan dengan urutan
Inti memuat Eksplorasi, Elaborasi dan konfirmasi
(3)KBM dilakukan dengan urutan
Penutup memuat penguatan, tindak lanjut dan penilaian
2.Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai
dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan
tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e)
sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
(1)Materi mengacu pada tujuan
pembelajaran
(2)Materi dikembangkan dan
mengacu pada indicator pencapaian kompetensi
(3)Dikembangkan berdasarkan SK /
KD
(4)tepat dan mutakhir
(5)sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta didik
(6)dapat dilaksanakan di dalam
dan di luar kelas
(7)sesuai dengan konteks
kehidupan sehari-hari peserta didik
Penilaian untuk Kompetensi 4
1.Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai
dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas
tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
(1)Dokumen RPP disusun secara
lengkap sesuai dengan SK/KD, indikator dan tujuan pembelajaran
(2)KBM
sesuai dengan RPP
(3)Tujuan Pembelajaran tercapai
(4)Guru menguasai materi
pembelajaran
2.Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang
bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji
sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
(1)Memberikan accuan kemudahan
berpikir.
(2)Memberikan konsep jembatan
keledai untuk mempermudah daya ingat.
(3)Guru menghargai pendapat siswa
dan memberi penguatan /pujian terlepas benar atau salah jawaban siswa
(4)Guru memfasilitasi kegiatan
pembelajaran siswa untuk mencapai tujuan
(5)Guru selalu menjawab
pertanyaan siswa yang mennemui kesulitan dalam memahami konsep materi yang
dibahas
3.Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia
dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
1.Menghubungkan materi dengan
kondisi terkini
2.Menginformasikan materi
tambahan
3.menyampaikan indikator
pembelajaran.
4.menyampaikan tujuan
pembelajaran.
4.Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta
didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang
harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain
yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan
penjelasan tentang jawaban yang benar.
(1)Guru tidak memvonis salah
jawaban siswa dan tetap menghargai apapun jawabannya.
(2)Guru memberikan pujian atas
jawaban siswa yang salah dengan bahasa yang santun
(3)Memberikan pujian terhadap
jawaban siswa yang benar
(4)Guru memberi kesempatan untuk
berpikir kepada siswa dalam menjawab pertanyaan
(5)Guru tidak memotong pertanyaan
/ jawaban siswa
6.Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik
(1)Sesuai RPP
(2)Sesuai SK/KD
(3)Sesuai silabus
(4)Sesuai indikator
(5)Sesuai dengan lingkungan
5.Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
(1)Menerapkan model pembelajaran
yang interaktif
(2)Methode pembelajaran yang
bervariasi
(3)Tidak berpusat pada siswa
(4)Memperhatikan keragaman daya
serap siswa
6.Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta
dapat termanfaatkan secara produktif.
(1)Guru tidak fokus berdiri pada
satu tempat
(2)Guru memotivasi siswa yang
pasif
(2)Guru tidak mendominasi PBM di
kelas
(3)Seluruh siswa terlibat aktif
dalam PBM
(4)> 75 % siswa membawa dan
menyimak buku pelajaran yang dibahas dan relevan
(5) Adanya upaya penanganan bagi siswa yang tidak aktif
7.Guru
mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
(1)Guru mampu memilih model
pembelajaran sesuai kondisi
(2)Optimalisasi media yang ada
(3)Guru mampu mengelola waktu
sesuai dengan RPP
8.Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain
(1)Guru memberikan motivasi
kepada siswa untuk bertanya
(2)Guru memberi kesempatan
berpikir kepada siswa
(3)Guru memberi kesempatan kepada
siswa lain untuk menjawab pertanyaan siswa
Guru memberi respon positif
terhadap jawaban siswa
9.Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran
secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh:
guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik
terhadap materi sebelumnya.
(1)Guru menyampaikan materi
secara runtut (urut, logis, sederhana dan ringkas)
(2)Guru menyampaikan materi dari
pemahaman yang mudah menuju pada materi yang sulit
(3)Guru memantau daya serap siswa,
dengan memberikan umpan balik kepada siswa
10.Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau
audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dalam mencapai tujuan pembelajaran.
(1)Dalam penggunaan papan tulis
terbagi dengan prosporsional dan hanya pada pokok-pokoknya saja
(2)Menggunakan alat bantu
sederhana..
(3)Terampil menggunakan alat
bantu audio visual (LCD dan sejenisnya)
(4)Menggunakan Alat peraga lain
yang sesuai
Penilaian untuk Kompetensi 5
1.Guru
menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap
peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
(1)Buku nilai
(2)Dokumen analisis ulangan
harian
(3)Dokumen analisis mid semester
(4)Dokumen analisis semester
(5) Dokumen remedial dan pengayaan
2.Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing.
(1)Silabus
(2)Prog. Tahunan dan Semester
(3)RPP yang memenuhi kriteria
(4)Pelaksanaan PBM sesuai dengan
RPP
2.Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik.
(1)Pembelajaran berpusat pada
siswa
(2)Pembelajaran dirancang agar
setiap peserta didik aktif Dalam pelaksanaannya …
(3)Guru memperhatikan aktifitas
setiap peserta didik dalam pembelajaran
(4)Guru memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya
(5)Guru memberikan perhatian
terhadap kontribusi peserta didik
(6)Guru memberikan motivasi
kepada peserta didik untuk bertanya tentang topic yang dibahas
3.Guru secara aktif membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada
setiap individu.
(1)Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya
(2) Guru menjawab / merespon pertanyaan siswa
4.Guru dapat mengidentifikasi
dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing
peserta didik.
(1)guru memiliki catatan
kepribadian siswa yang bermasalah …
(2)guru memiliki catatan
kepribadian seluruh siswa yang dibimbingnya …
5.Guru memberikan kesempatan
belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
(1)Adanya Tugas Mandiri
(2)Adanya Tugas Terstruktur
(3)Adanya Tugas Mandiri Tidak
Terstruktur
6.Guru memusatkan perhatian pada
interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan
informasi yang disampaikan.
(1)Adanya Lembar kerja Siswa
(2)Menggunakan metode Diskusi
(3)Menggunakan Alat bantu / media
(Alat peraga / LCD)
Penilaian untuk Kompetensi 6
1.
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan
terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan
mereka.
(1)Memberikan pertanyaan terbuka,
utk mengetahui pemahaman siswa
(2)Siswa terlibat komunikatif
secara aktif
2.Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua
pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika
diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
(1)banyaknya tanggapan dari siswa
(2)guru menyimak semua tanggapan
siswa
(3)Guru tidak meng interupsi dari
tanggapan siswa kecuali jika diperlukan.
3.Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik
secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi
kurikulum, tanpa mempermalukannya.
(1)menggunakan bahasa yg
memotivasi siswa
(2)memberikan ulasan dan pujian
4.Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat
menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
(1)Guru membuat kelompok diskusi
belajar
(2)Memberikan kesempatan kepada
setiap kelompok melaporkan hasil diskusi
(3)Memberikan kesempaan kepada
setiap kelompok untuk memberikan tanggapan
5.Guru mendengarkan dan memberikan perhatian
terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah
untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
(1)Guru memberikan kesempatan
kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan atas jawaban siswa
(2) Guru memberikan penguatan berupa pujian pada setiap
jawaban siswa terlepas benar atau salah
(3)Guru memberikan penguatan dan
penegasan terhadap jawaban yang benar
6.Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan
peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan
kebingungan pada peserta didik
(1)Guru memberikan penguatan dan
penegasan terhadap jawaban
(2)Guru menyimpulkan jawaban yang
benar dari beberapa pernyataan siswa
Penilaian untuk Kompetensi 7
1.Guru menyusun alat penilaian
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu
seperti yang tertulis dalam RPP.
(1)Terdapat SK,KD,Indikator,
Tujuan Pembelajaran
(2)Kisi-kisi soal
(3)Soal/ Jawaban
(4)Panduan penilian / penskoran
2.Guru melaksanakan penilaian
dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan
akan dipelajari.
(1)Bukti fisik Pemberian tugas kepada siswa dan nilai
(2)Bukti fisik instrument penilaian unjuk kerja
(3)Bukti fisik Penialaian afektif
(4)Bukti fisik Format keberatan
terhadap hasil penilaian guru terhadap siswa baik penilaian formal maupun non
formal setelah nilai disampaikan
3.Guru
menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang
sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik
untuk keperluan remedial dan pengayaan.
(1)Terdapat bukti fisik Hasil
analisisis dan KKM
(2)Bukti fisik remedial dan
pengayaan
4.Guru
memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan
pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal
pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
(1) Jurnal Guru yang terdapat catatan masukan peserta didik
(2) Bukti fisik program reflkesi (remedy dan pengayaan)
5.Guru memanfatkan hasil
penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
(1)Bukti fisik hasil pembelajaran/Daftar
nilai per KD
(2)Perbaikan RPP
Penilaian untuk Kompetensi 8
1.Guru menghargai dan
mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi
semua warga Indonesia.
(1)Beibadah sesuai dengan agama
yang dianutnya
(2)Berpakaian rapi
(3)Berperilaku santun
(4)Menghargai sesama
(5)Memiliki rasa empati
(6)Peduli akan prilaku Siswa
(7)Peduli akan kebersihan
lingkungan
2.Guru mengembangkan kerjasama
dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang
ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
(1)Mengutamakan musyawarah dalam
mengambil keputusan
(2)Menerima dan menghargai
perbedaan pendapat.
(3)Aktif dalam kegiatan
pengembangan profesi (MGMP, MKKS, KKG dan sejenisnya)
3.Guru saling menghormati dan menghargai
teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
(1)Ramah, sopan dan santun dalam
bersikap
(2)Rendah diri dan bersahaja
(3)Tidak meremehkan / merendahkan
orang lain
(4)Menghargai perbedaan
(5)Peduli dan berempati dengan
sesama
(6)Memberikan bantuan sesuai
dengan kemampuannya
4.Guru memiliki rasa persatuan
dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
(1)Mengikuti Upacara bendera
(2)Mengikuti perayaan hari besar
Nasional
(3)Mengikuti perayaan hari besar
agama yang dianutnya
5.Guru mempunyai pandangan yang luas tentang
keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
(1)Menghormati dan menghargai
kebhinekaan suku, ras dan agama
(2)Tidak sara dan sukuisme
(3)Rela berkorban untuk
kepentingan bangsa dan Negara
(4)Memelihara budaya positif
bangsa
(5)Bergaul tanpa membedakan ras
dan agama
Penilaian untuk Kompetensi 9
1.Guru
bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap
semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
(1)Bertingkah laku dan berbicara sopan
kepada siapapun
(2)Berpakaian sopan
(3)Rendah hati dan bersahaja
2.Guru
mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka
untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
(1)Bergaul dan sharing dengan
teman sejawat terkait kompetensi pedagogi
(2)Terbuka dan mau menerima
kritikan dari teman sejawat dalam segala hal dalam bingkai profesionalisme
(3)Memberikan masukan kepada
teman sejawat bila diminta
3.Guru
mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta
didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
(1)Menguasai
kelas dengan indikasi peserta didik merasa nyaman mengikuti PBM.
(2)Seluruh
peserta didik berpartisipasi aktif selama PBM
(3)Suasana
kelas kondusif dan tertib
4.Guru
bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
(1)Guru
merespon positif setiap aktifitas siswa
(2)Guru
memberikan kesempatan bertanya atau mengungkapkan pendapatnya kepada siswa
(3)Guru
terbuka menerima kritik dan saran dari siswa secara bijak selama tidak
menurunkan harkat dan martabatnya
5.Guru
berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
(1)Guru selalu menjaga
prilakunya baik dimanapun berada
(2)Guru selalu melakukan hal yang
positif dan menjadi tauladan bagi siapa saja
(3)Berusaha menjadi yang terbaik
(data diperoleh dengan bertanya
kepada teman sejawat)
Penilaian untuk Kompetensi 10
1.Guru mengawali dan mengakhiri
pembelajaran dengan tepat waktu.
(1)Hadir dan memulai pembelajaran
tepat pada waktunya
(2)Keluar kelas / mengkahiri
pembelajaran di kelas tepat waktu
(3)Efisien dalam pemanfaatan
waktu yang disediakan
2.Jika guru harus meninggalkan
kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait
dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi
kelas.
(1)Guru menyiapkan tugas mandiri
atau kelompok
(2) Ada tindak lanjut atas tugas yang diberikan
(3)Koordinasi dengan guru piket
sebelumnya
3.Guru memenuhi jam mengajar dan
dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan
persetujuan pengelola sekolah.
(1)Konfirmasi jauh hari
sebelumnya bila direncanakan.
(2)Merancang kegiatan
pembelajaran yang didominasi oleh aktifitas siswa dalam bentuk tugas mandiri
atau kelompok
(3)Permohonan izin kepada kepala
sekolah dengan mempertimbangkan tingkat kepentingan meninggalkan tugas
4.Guru meminta ijin dan
memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak
menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di
kelas.
(1)Konfirmasi jauh hari
sebelumnya bila direncanakan.
(2)Merancang kegiatan
pembelajaran yang didominasi oleh aktifitas siswa dalam bentuk tugas mandiri
atau kelompok
(3)Permohonan izin kepada kepala
sekolah dengan mempertimbangkan tingkat kepentingan meninggalkan tugas
5.Guru menyelesaikan semua tugas
administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang
ditetapkan.
(1)Pekerjaan dilaksanakan tuntas
dari perencanaan sampai dengan penilaian hasil belajar dalam bentuk Rapor
(2)Tidak membebankan pekerjaan
kepada teman sejawat
(3)Tidak menunda penyampaian
laporan hasil belajar diluar waktu yang telah ditentukan
6.Guru memanfaatkan waktu luang
selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
(1)
Melaksanakan kegiatan di luar jam mengajar sesuai
job diskripsi tugas tambahan yang menjadi tanggungjawabnya
(2)
Menyusun RPP yang belum tuntas
(3)
Membuat bahan ajar, modul dan alat peraga
7.Guru memberikan kontribusi
terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif
terhadap nama baik sekolah
(1)Menjadi tauladan bagi teman
sejawat
(2) Menjadi Guru favorit dan berprestasi minimal di
tingkat sekolah
(3) Aktif mengikuti kegiatan lomba dan memperoleh
prestasi dalam lomba terkait dengan bidang tugasnya tanpa meninggalkan tugas
utamanya sebagai guru
8.Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru
(1)Melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya
dengan komit dan konsisten
(2)Menjadi tauladan bagi teman
sejawat dan peserta didik
(3)Konsisten dan tidak
terpengaruh dengan promosi jabatan
(4)Selalu meningkatkan
kompetensinya sebagai guru
Penilaian untuk Kompetensi 11
1.Guru memperlakukan semua
peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
(1)Guru memilki
dokumen catatan kemajuan, kesulitan belajar siswa
(2)Guru berkoordinasi
dengan dengan teman sejawat / guru BK terkait masalah peserta didik
(2)Guru memiliki
catatan dan upaya tindak lanjut
2.Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan
teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
(1)Guru bergaul dan menjaga
hubungan baik dengan teman sejawat
(2)Berbagi dan sharing dengan
teman sejawat
(3)Selalu memberi dan menerima
yang sifatnya positif ke dan dari teman sejawat dalam diskusi formal dan
informal
3.Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan
tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta
didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
(1)Berkomunikasi dengan seluruh
peserta didik dari berbagai kalangan, tidak membedakan suku dan ras
(2)Berkomunikasi
dengan peserta didik yang memerlukan bantuan dari berbagai kalangan, tidak
membedakan suku dan ras..
Penilaian untuk
Kompetensi 12
1.Guru menyampaikan informasi
tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya,
baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua,
teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
(1)Guru memilki
dokumen catatan kemajuan, kesuliatan belajar siswa
(2)Guru berkoordinasi
dengan dengan teman sejawat / guru BK terkait masalah peserta didik
(3)Guru berkomunikasi
dengan orang tua / wali murid
(4)guru memiliki
catatan dan upaya tindak lanjut
2.Guru ikut berperan aktif dalam
kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat
dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
(1)Adanya
sertifikat
(2)Adanya surat
tugas
(3)Mengikuti kegiatan
yang dilaksanakan oleh sekolah
(4)Guru mengikuti
kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat
3.Guru memperhatikan sekolah
sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta
berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
(1)Adanya partisipasi
di masyarakat ditandai dengan surat tugas / surat keterangan, dokumentasi
kegiatan sekolah, klipping
(2)Guru menyadari
bahwa sekolah bagian dari masyarakat
(3)Adanya program
kesiswaan yang melibatkan masyarakat
Penilaian untuk Kompetensi 13
1.Guru melakukan pemetaan standar
kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk
mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
(1.)Peta Standar Isi
(2.)Program tahunan / Semester
yang memuat rincian alokasi waktu setiap SK/KD
(3.)Silabus yang memuat indikator
dengan penetapan ranah kompetensi (kognitif/C,Afektif/A,Psikomotor/P)
2.Guru menyertakan informasi yang
tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
(1)RPP yang memuat informasi yang
tepat dan mutakhir
(2)RPP memuat pengetahuan
prasyarat
(3)RPP memuat alokasi waktu
setiap kegiatan
3.Guru menyusun materi,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat,
mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran.
(1)Bahan ajar yang tepat dan
mutakhir dan sesuai dengan perencanaan pembelajaran
(2)Pada PBM memperhatikan
prasyarat pengetahuan siswa (apersepsi)
(3)Tidak ada aktifitas lain pada
saat PBM, sbg contoh sambil membaca buku teks / Catatan
(4)Kegiatan PBM sesuai RPP
(5)Pada PBM guru memberikan
tambahan informasi baru dengan tujuan menambah wawasan yang berkaitan dengan
materi
Penilaian untuk Kompetensi 14
1.Guru melakukan evaluasi diri
secara spesifik, lengkap, dan didukung
dengan contoh pengalaman diri sendiri.
(1)Jurnal harian catatan pribadi
guru
(2)Hasil wawancara dari nara
sumber
(3)Opini pada jejaring sosial
(4)Catatan pribadi di notebook
(Ipad)
(5)Klipping pribadi
(6)Foto / dokumentasi
(7)Instrumen evaluasi diri
2.Guru memiliki jurnal
pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses
pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
(1)Ada buku jurnal pembelajaran
(2)Buku catatan / masukan kolega
(3)copy hasil supervisi kepsek
(4)cacatan kegiatan remedial / pengayaan
(5)memiliki hasil koreksi tugas
siswa
3.Guru memanfaatkan bukti
gambaran kinerjanya untuk mengembangkan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
(1)memiliki RPP perbaikan
(2)memiliki catatan keunikan
dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
(3)memiliki catatan kasus
kesulitan guru dalam melaksanakan
pembelajaran di kelas
(4)memiliki catatan kasus kesulitan siswa dalam mengikuti
pembelajaran di kelas
(5)memiliki atatan bimbingan dari
atasan atau teman sejawat
4.Guru dapat mengaplikasikan
pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan
tindak lanjutnya.
(1)memiliki RPP perbaikan
(2)Memiliki RPP berbagai model
pembelajaran
(3)memiliki hasil analisis
penilaian siswa dari berbagai model
(anates, itemen, SPSS)
(4)memiliki hasil PTK, karya
Ilmiah, jurnal ilmiah
(5)memiliki karya ilmiah yang di publikasikan
di koran
5.Guru melakukan penelitian,
mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar,
konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
(1)Memiliki piagam atau
sertifikat sebagai peserta/ narasumber
seminar/ workshop
(2)Memiliki daftar hadir dalam
kegiatan MGMP
(3)Memiliki modul pembelajaran
yang dibuat sendiri
(4)Memiliki karya inovasi baik
berupa alat peraga atau monumen sekolah
(5)Memiliki karya PTK di sekolah
(6)Memiliki piagam / sertifikat
lomba KTI
6.Guru dapat memanfaatkan TIK
dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
(1)dapat mengoperasikan windows
office
(2)Dapat memanfaatkan LCD sebagai
media pembelajaran
(3)dapat memanfaatkan internet
(4)dapat mendownload / upload
file
(5)Memiliki email
(6)memiliki blogs
*****
Banyak juga ya indikator untuk mendapatkan sebutan "Guru Profesional"
BalasHapusSangat bagus sbg acuan para guru agar lebih terarah untuk meningkatkan potensinya
BalasHapusAlhamdulillah jika demikian bapak Muradizero.
Hapus