Pengumuman Olimpiade Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang

Alhamdulillah... Saya masuk sebagai salah satu finalis Lomba Kreativitas Ilmiag Guru LIPI AJB Bumi Putera Tahun 2012. Berikut ini saya adalah pengumuman resmi yang saya dapat dari Web LIPI

PENGUMUMAN FINALIS LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU (LKIG)
                                     KE-20 TAHUN 2012
 
                                                     Jumat, 14 September 2012


 Setelah melalui proses membaca, menganalisis dan menyeleksi dengan seksama karya tulis peserta Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) ke-20 Tahun 2012, maka Dewan Juri memutuskan dan menetapkan Finalis Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) ke-20 Tahun 2012, sebagai berikut:

TINGKAT SEKOLAH DASAR
1. K. Windia, M.Pd. , SDN 3 Tembuku, Bangli, Bali, dengan judul “Pemanfaatan Media Wayang untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas IV SDN 3 Tembuku Bangli dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”.
2. Siti Rachmawati, S.Pd. , SLB N Semarang, Jawa Tengah, dengan judul “Peningkatan Kemampuan Membaca dan Membuat Denah melalui Media Block Card pada Siswa Tunanetra Kelas I SD di SLB N Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012”.
3. Ayatollah Hidayat, S. Pd. , SD Inpres Bontoloe, Lab. Gowa, Sulawesi Selatan, dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Tasbih Hitung Bilangan Bulat (Taubat) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-100 Kelas III Sekolah Dasar”.
 4. Lukmanulhakim , SDN 1 Labuhan Lomok, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dengan judul “Mengatasi Kesulitan Siswa Mempelajari Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Menggunakan "Media Tak Trik Ababil" yang Dipadu dengan Game”.
5. Agus Triono, S.Pd. SD Negeri 2 Raraa, Koloka, Sulawesi Tenggara, dengan judul “Suara Botol Sebagai Media Kontekstual pada Pembelajaran Bunyi di IPA dan Nada di SBK SD Negeri 2 Raraa Kabupaten Kolaka”.

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG IPSK
1. Hermawati Kusumaningrum, S.Pd. , SMP Al Hikmah Surabaya, Jawa Timur, dengan judul “Peningkatan Keterampilan Reading Siswa IX F SMP Al Hikmah Surabaya Melalui Pemanfaatan Gloossary UN”.
2. Imam Sayudi, S.Pd., M.M. , SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik, Jawa Timur, dengan judul “Pembelajaran Menggunakan Permainan "Gentong Berbisik" Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Kedamean Gresik”.
3. Keke Taruli Aritonang , SMP Kristen 1 Penabur Jakarta, Jakarta, DKI Jakarta, dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII dengan Menggunakan Rumus Adik Simba dan Media Foto Sebagai Alat Bantu di SMPK 1 Penabur”.
4. Bahar Sungkowo, S.Pd. , Yayasan Al-Kausar SMP Internat AL-Kausar, Sukabumi, Jawa Barat, dengan judul “Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Karakter Menggunakan Media Wedus Gembel (Wayang Edukasi Daur Ulang Kardus/Triplek dengan Games Materi Belajar)”.
5. Kasmal, S.Pd. SMP Negeri 14 Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan judul “Penggunaan Kardus dan Bangku Panjang sebagai Media Pembelajaran Melalui Penerapan Metode Inklusi dalam Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Siswa Kelas IX-H SMP Negeri 4 Balikpapam”.TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG MIPATEK
1. Aji Sambudi , SMP Negeri 2 Banyumas, Jawa Tengah, dengan judul “Osiloskop Sederhana dari Laser Mainan sebagai Media Pembelajaran Materi Gelombang Bunyi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Banyumas”.
2. Atmah, M.Pd. , SMP Negeri 18 Banjarmasin, Kalimantan Timur, dengan judul “Hasil Belajar Siswa Kelas SMP Negeri 18 Banjarmasin pada Materi Sistem dalam Kehidupan Manusia Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Quick On The Draw”.
3. Wahyudi, S.Pd. , SMP Negeri 2 Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, dengan judul “Penggunaan Media"Pagertormaku" dengan Metode Tai Teknik "Cocacola" untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pemfaktoran Persamaan Kuardrat Kelas VIIIB SMPN 2 Karangkobar”.
4. Gufron, S.Pd. , SMP Negeri 2 Jember, Jawa Timur, dengan judul “Implementasi Pembelajaran Konstruktivis melalui Media Sangkar Eko pada Semester Didik Kelas 7 F SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012”.
5. Erman, S.Pd. , SMPN 2 Pasuruan, Jawa Timur, dengan judul “Penggunaan Media "Texebo Lamatika" untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Luas dan Volum Brsl Siswa Kelas IX D SMPN 2 Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012”.

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG IPSK
1. Rustiani Widiasih, S.Pd. , SMAN 2 Badegan, Jawa Timur, dengan judul “Peningkatan Kompetensi Menulis Siswa dengan Strategi Guide Imagery”.
2. Ahmad Taufik, S.Pd.I. , SMAN 1 Karangtengah Demak, Jawa Tengah, dengan judul “Pembelajaran Al-Qur'an dengan Multimedia Interaktif Melalui Strategi PAIKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI.IPA.2 SMAN 1 Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2012/2013”.
3. Yenni Agustina, S.Pd. , MA Negeri 1 Lubuklingau, Sumatera Selatan, dengan judul "Penggunaan Faraid Putar Sebagai Upaya Memudahkan Siswa Memahami Furudhul Muqaddarah Kelas XI - IPA.2 Semester 2 di MA Negeri 1 Lubuklingau”.
4. Dra. Agus Sari Hanny , SMK Negeri 7 Makassar, Sulawesi Selatan, dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Melalui Metode Kooperatif Learning dengan Menggunakan Permainan Chain Word Flag pada Siswa Kelas XI AP 1 Semester Genap di SMK Negeri 7 Makassar Tahun 2011/2012”.
5. Partinem, S.Pd. , SMAN 1 Purworejo, Jawa Tengah, dengan judul “Partinem-Ku, Pendekatan Pembelajaran Berwawasan Karakter Luhur sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Berbicara Peserta Didik Kelas XII IPA - 5 SMA Negeri 1 Purworejo Tahun 2011/2012”.

 TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG MIPATEK
1. Diah Citra Ningrum, S.Pd. MAN 2 Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan judul “Impelementasi Perhitungan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dalam Kasus Pembagian Waris pada Siswa MAN 2 Kota Bekasi”.

2. Sudarsono, S.Pd , SMA 1 Ponorogo, Jawa Timur, dengan judul “KIT-Elektrolit Tester sebagai Model Moving Lab. Untuk Menyajikan Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Secara Efektif dan Efisien di Kelas X SMA Negeri 1 Ponorogo”.
3. Andri Agustina , S.Pd. , MA Negeri 1 Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan judul “Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Animasi Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA/MA Kelas X pada Mata Pelajaran Kimia Konsep Ikatan Kimia”.

4. Drs. H.M. Ridwan , MAN 9 Jakarta, dengan judul “Proses Kegiatan Belajar Mengajar Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur Menggunakan Balok-Balok Periodik pada Peserta Didik Kelas X di MAN 9 Jakarta”.
5. Ansar, S.Pd. SMA Negeri 1 Gantarang Kindang, Sulawesi Selatan, dengan judul "Penggunaan Molymod Nyamplung (Calophyllum inophyllum) pada Pembelajaran Materi Senyawa Karbon”.
 dihadapan Dewan Juri dalam acara Presentasi Finalis LKIG ke-20 Tahun 2012, yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Selasa, 25 September 2012
 Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara untuk mempresentasikan Karya Tulis dimaksud

Pukul : 08.00 WIB s.d selesai
Tempat : Kantor LIPI Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta Selatan

Untuk keperluan acara tersebut di atas, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan:
1. Surat Pernyataan (bermeterai Rp 6.000,-) bahwa karya ilmiah asli dan bukan jiplakan/plagiat dan belum pernah atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional (diketahui oleh Kepala Sekolah).
 2. Bahan Presentasi dalam bentuk Power Point, alat peraga, dan Poster dengan mencantumkan logo LIPI dan AJB Bumiputera 1912 (terbaru) (ukuran: lebar 70 cm x tinggi 90 cm) sebagai bahan publikasi pameran. 
 3. Finalis wajib membawa soft copy karya tulis ilmiah dalam bentuk MS Word, dengan format: Ukuran kertas A4, Font Times New Roman 12, Spasi 1,5 dan Margin layout 2cm (atas, bawah, kiri, dan kanan).
4. Baju Batik untuk acara kunjungan 
5. Registrasi ulang dan pemasangan Poster di Kantor LIPI Jakarta tanggal 24 September 2012, pukul 15.00 WIB.
 6. Akomodasi dan Konsumsi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, mulai tanggal 24 September 2012, pukul 16.00 WIB, sampai dengan tanggal 27 September 2012, pukul 10.00 WIB ditanggung oleh Panitia.
 7. Biaya Transportasi dari tempat asal ke tempat presentasi pergi pulang ditanggung sendiri oleh Finalis.
 8. Kontak person sdr. Yudie Aprianto (HP: 085216113230 email: yudieaprianto@yahoo.com).Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
Panitia LKIG Ke-20 Tahun 2012
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek BKPI LIPISasana Widya Sarwono Lt. 5
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta 12710
Telp (021) 5225711, Ext. 276, 273 Fax. (021) 5251834


MOHON DOA RESTU 

1 komentar:

  1. 1 dari semua kesempatan besar yg d beri Alloh yg belum bisa saya raih dg cepat :'(

    tanpa dukungan yg tepat
    ~indana~

    BalasHapus