PENGUMUMAN LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU (LKIG) 2011

PENGUMUMAN LKIG 2011

Penantianku terjawab sudah. Lama mencari informasi tentang pengumuman LKIG 2011, hari ini ku dapat jawabannya. Aku iseng-iseng menulis kata "Pengumuman LKIG 2011" di google. Lalu ssalah satu blog kubuka namanya Wisubagyo Blog. Disitu tertulis:

PENGUMUMAN FINALIS LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU (LKIG) KE-19 TAHUN 2011
Jumat, 23 September 2011
Setelah melalui proses menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama karya tulis peserta Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) ke-19 Tahun 2011, maka Dewan Juri memutuskan dan menetapkan Finalis Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) ke-19 Tahun 2011, sebagai berikut:
TINGKAT SEKOLAH DASAR
1. Aldino Adry Baskoro , Sekolah Alam Bandung, Bandung 40135, Jawa Barat, dengan judul “Roket Air Sebagai Alat Peraga Sains Atraktif untuk Mengenalkan Konsep Gerak,Gaya, dan Perubahan Energi pada Siswa Kelas 5 dan 6 di Sekolah Alam Bandung”.
2. Hajerah Kaidir, M.Pd. ,SDN No.2 Unggulan Maros, Maros, Sulawesi Selatan, dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Media Cakram Spider dan Kartu Lacak pada Pembelajaran IPS SD Negeri No,. 2 Maros”.
3. Ichwan Arif, S.S. ,SD Muhammadiyah GKB Gresik, Gresik, Jawa Timur, dengan judul “Pemanfaatan Iklan Indie Sebagai Media Pembelajaran Menanggapi Suatu Persoalan atau Peristiwa dan Memberikan Saran Pemecahannya dengan Memperhatikan Pilihan Kata dan Santun Berbahasa di Kelas V Sekolah Dasar”.
4. K. Windia, M.Pd. , SDN 3 Tembuku, Bangli, Bali, dengan judul “Penggunaan Gelas Plastik Bekas, Styrofoam dan Kardus Bekas untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Tembuku Bangli dalam Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)”.
5. Suyamto, S.Pd., M.Pd. , SLB B-C Hamong Putro Sukoharjo, Sukoharjo, Jawa Tengah, dengan judul “Meningkatkan Perhatian Siswa Autis dengan Media Refleksi Kartu Gambar Beraroma (Sikaroma)”.
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG IPSK
1. Dedy Fransiskha Hendrawan,S.S. , SMPN 1 Ponogoro, Ponogoro, Jawa Timur, dengan judul “Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Bahasa Jawa Materi Paramasastra Jawa Melalui Media Kartu Gilir Anuswara-Tripurusa pada Kelas VII G SMP Negeri 1 Ponorogo”.
2. H Kamaruddin, S.Pd. , SMP Negeri 4 Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, dengan judul “Desain Majalah Dinding Menggunakan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Meningkatkan Minat Baca Tulis Siswa SMP Negeri 4 Tanjung Kabupaten Tabalong”.
3. Keke Taruli Aritonang , SMP Kristen 1 Penabur Jakarta, Jakarta, DKI Jakarta, dengan judul “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Menulis Cerpen Berdasarkan Ungkapan Tradisional Batak Toba”.
4. Masnaini, S.Pd. , SMP N 4 Sungguminasa, Gowa, Sulawesi Selatan, dengan judul “Gandrang Bulo sebagai Bahan Ajar Seni Budaya di SMP Negeri 4 Sungguminasa”.
5. Ramea Agus Purnama, S.Pd. , SMPN 3 Jetis, Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan judul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media “WTC” di SMP N 3 Jetis Bantul”.
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG MIPATEK
1. Budiono, S.Pd. , SMP Negeri 1 Pejawaran, Banjarnegara, Jawa Tengah, dengan judul “Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga Cahaya Alternatif (APCA) pada Siswa Kelas VIII B Semester 2 SMP Negeri 1 Pejawaran Tahun 2011”.
2. Ghelvinny, S.Si. , SMPN 199, Jl. Arabika 8 Blok AC3 Pondok Kopi Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta, dengan judul “Upaya Meningkatkan Minat dan Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Jam Akhir Pembelajaran Sekolah Menggunakan program Microsoft Mouse Mischief di SMPN 199 Jakarta”.
3. Kurniawan S.Pd., M.Si. , SMP Negeri 117, Duren Sawit, Jawa Barat, dengan judul “Metode Smart Cara Master Program UN 100 dalam Meningkatkan Nilai UN Matematika di SMPN 252 Jakarta”.
4. Rahmat Fauzi, M.Si. , SMP N 15 Depok, Depok, Jawa Barat, dengan judul “Efektifitas Lem Putih PVAc Sebagai Cetakan Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII SMPN 15 Depok”.
5. Samiaji , SMPN 2 Laren, Lamongan, Jawa Timur, dengan judul “Penggunaan Kertas Numerik Pewarna Alami untuk Uji Boraks dalam Produk Makanan (sebagai Alternatif Media dalam Pembelajaran Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Lamongan)”.
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG IPSK
1. Alphius, S.Pd. , SMAN 3 Merauke, Papua, Papua, dengan judul “Penggunaan Corong Air sebagai Upaya Memudahkan Siswa Memahami Teknik Memasuki Garis Finish pada Lari Jarak Pendek (100 Meter) Kelas X.4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2010-2011 di SMA Negeri 3 Marauke”.
2. Edi Gumuntur, S.Pd., M.Pd. , SMA Negeri 1 Ramba Kuang, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, dengan judul “Pengembangan Media Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Rambang Kuang”.
3. Peni Saptorini , SMAN 1 Mayong, Jepara, Jawa Tengah, dengan judul “CTL Based on Local Space and It” Alternatif Pembelajaran Geografi di SMA/MA untuk Merespon Dinamika Global”.
4. Tri Ismiyati, M.Pd. , SMAN 1 Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran “Tandur” Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XA SMA 1 Godean”.
5. Wiranto,S.Pd. , SMA N 1 Wonosegoro, Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, dengan judul “Penggunaan Permainan Transaksi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Motivasi, dan Karakter Positif Peserta Didik Kelas XI IPS I dalam Belajar Seni Budaya di SMA Negeri 1 Wonosegoro, Boyolali”.
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG MIPATEK
1. Dra.Eli Arianti, M.Pd. , MAN Model Banda Aceh, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, dengan judul “Mikroskop Sederhana dari Botol Plastik Minuman Sebagai Alat Pembelajaran pada Pengamatan Sel Bawang Merah”.
2. Jantimala, M.Pd. , SMA N 1 Tanjungapandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, dengan judul “Pembelajaran Konsep Sistem Koordinasi dengan Memanfaatkan Portofolio Siswa”.
3. Mujahiddin Agus , SMA N 01 Unggulan Kamare, Luwu, Selawesi Selatan, dengan judul “Alat Sederhana Dwifungsi untuk Peragaan Perpindahan Kalor pada Udara dan Proses Kejadian Angin Tornado”.
4. Dra.Pantiyani , SMA 34 Jakarta, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Jakarta, dengan judul “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kelas X di SMA 34 Jakarta pada Standar Kompetensi Memahami Manfaat Keanekaragaman Hayati dengan Pengamatan Polen dan Spora (Suatu Penelitian Tindakan Kelas)”.
5. Ruswanto, S.Pd. , SMA Negeri 1 Purbalingga, Jawa Tengah, dengan judul “The Innovative Pest Traps dan Biofilter” untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Pencemaran Lingkungan”.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara untuk mempresentasikan Karya Tulis dimaksud dihadapan Dewan Juri dalam acara Presentasi Finalis LKIG ke-19 Tahun 2011, yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Senin, 3 Oktober 2011
Pukul : 08.00 WIB s.d selesai
Tempat : Kantor LIPI Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta Selatan
Untuk keperluan acara tersebut di atas, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan:
1. Surat Pernyataan bahwa karya ilmiah asli dan bukan jiplakan/plagiat dan belum pernah atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional (diketahui oleh Kepala Sekolah).
2. Bahan Presentasi dalam bentuk Power Point, alat peraga, dan Standing Banner.
3. Baju Batik untuk acara kunjungan.
4. Registrasi ulang di Hotel Bumi Wiyata, Depok tanggal 2 Oktober 2011, pukul 15.00 WIB.
5. Akomodasi dan Konsumsi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, mulai tanggal 2 Oktober 2011, pukul 16.00 WIB, sampai dengan tanggal 5 Oktober 2011, pukul 10.00 WIB ditanggung oleh Panitia.
6. Biaya Transportasi dari tempat asal ke tempat presentasi pergi pulang ditanggung sendiri oleh Finalis.
Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
Panitia LKIG Ke-19 Tahun 2011
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek BKPI LIPISasana Widya Sarwono Lt. 5
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta 12710
Telp (021) 5225711, Ext. 273, 276 Fax. (021) 5251834


Semoga bisa memberi informasi bagi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar