“Racikan Jitu” untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan Penguatan Karakter Siswa

“Racikan Jitu” untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
 dan  Penguatan Karakter Siswa

Rustiani Widiasih


Tulisan best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya  penulis dalam meningkatkan kompetensi terhadap pelajaran bahasa Inggris serta karakter mereka.
Strategi pemecahan masalah yang penulis lakukan adalah dengan  penumbuhan  rasa Cinta, pembinaan Anak Andalan dan penciptaan media jitu. Penumbuhan rasa cinta adalah: Upaya penulis dengan penuh rasa cinta kepada siswa supaya siswa cinta pada pelajaran yang diajarkan dengan memberikan poin pada setiap kegiatan yang dilakukan siswa  berhubungan sengan bahasa Inggris. Penciptaan media jitu adalah : Upaya yang telah dilakukan penulis selama menjadi guru dalam menciptakan media mengajar  yang sederhana namun jitu dan tepat untuk memudahkan siswa belajar bahasa Inggris. “Anak panah” Andalan adalah: Siswa yang dibimbing secara intensif  dan terus-menerus sehingga siap untuk diluncurkan sebagai andalan sekolah dalam mengikuti berbagai kompetisi bahasa Inggris
Penerapan pembelajaran melalui “Racikan Jitu” terdiri dari  tiga hal. Pertama, Penumbuhan Rasa Cinta. Langkah-langkah untuk menumbuhkan cinta adalah: (1) Kontrak belajar; (2) Menghargai  setiap   kegiatan yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. dengan EPP; (3) Memberikan penghargaan atau hadiah kepada siswa yang mendapatkan poin tertinggi setiap bulannya.Kedua,  Bimbingan Anak Andalan. Pembinaan anak andalan dilakukan dengan: (1)Berkomunikasi dengan bahasa Inggris melalui grup WA; (2) Mendatangkan para juara dari sekolah lain dan professional couch; (3) Mengikuti berbagai perlombaan bahasa Inggris; (4) Melakukan pembinaan rutin setiap hari Selasa; (5) Mengadakan pembinaan intensif menjelang kompetisi, dan (6) Pendampingan pemberian Nilai bahasa Inggris siswa dari kelas X hingga kelas XII. Ketiga,  Penggunaan  Strategi Jitu. Strategi jitu meliputi Media dan strategi jitu  yang diciptakan sendiri oleh penulis.  Penggunaan strategi dan media dalam kegiatan pembelajaran sangat membuantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai karakter yang bisa dikembangkan melalui penerapan pembelajaran “Racikan Jitu’ adalah nilai karakter kemandirian, gotong royong dan nasionalisme.
          Berdasarkan hasil yang diperoleh, penulis merekomendasikan bahwa:
Sekolah bisa  menjadikan  “Racikan Jitu” sebagai program sekolah. Penumbuhan Rasa cinta siswa terhadap pelajaran dapat dilakukan dengan memberikan penghargaan terhadap apapun yang diucapkan dan dilakukan siswa. Pembuatan media jitu sangat membantu siswa dalam meningkatkan  hasil pembelajaran sehingga bisa digunakan oleh guru lain. Pembimbingan Anak  andalan sangat perlu dipersiapkan  karena bisa mengembangkan potensi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar