Gerakan Guru menulis Buku


Info Menulis Dari Dosenku:

GERAKAN GURU MENULIS BUKU (G2MB)




Pengantar
Setiap guru memiliki pengalaman unik dalam menghadapi siswa-siswa yang “mencari perhatian” (caper), entah suka membolos, menggoda dengan ungkapan, tak mau mengerjakan tugas, bikin gaduh di kelas, dan lain-lain. Sementara itu, banyak guru (terutama yang belum berpengalaman) bertanya bagaimana menyikapi siswa caper semacam itu. Jika pengalaman para guru dapat dibagi dengan guru lain lewat sebuah buku, hal ini memberikan manfaat ganda: budaya membaca dan budaya menulis di kalangan guru. Ke depan kita akan menggarap beberapa tema secara berseri. Untuk termin pertama ini, kita akan memulainya dengan menulis tentang pengalaman menghadapi siswa caper.

... Tema
Pengalaman Menghadapi Siswa Caper (Mencari Perhatian)

Waktu Pelaksanaan
26 Desember 2011—15 Januari 2012

Peserta/Penulis:
Kami mengundang teman-teman Guru (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK) yang termasuk di dalam grup ini.


Alamat Pengiriman Naskah:
Naskah dalam bentuk attachment dikirim ke muchkhoiri@yahoo.co.id
atau much_choiri@yahoo.com dengan tittle G2MB1 -nama penulis. Misalnya: G2MB1- Budianto Wibowo


Kriteria Kelayakan Naskah
1. Bobot konseptual atau gagasan
2. Organisasi gagasan dalam tulisan
3. Orisinalitas
4. Gaya bahasa

Ketentuan-ketentuan
1. Naskah esai dengan gaya bahasa yang lincah, terlebih dibumbui humor atau intermezo.
2. Naskah harus diberi judul yang representatif atau mewakili (memayungi) keseluruhan isi naskah. Misalnya: “Membasmi Kebiasaan Menyontek”.
3. Meski tidak terbagi secara eksplisit, naskah perlu mencakup tiga bagian: bagian pengantar, bagian pembahasan, dan bagian penutup.
4. Lebih baik naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun elektronik. (Jika pernah dipublikasikan, mohon mencantumkan riwayat pemuatan.)
5. Naskah ditulis di atas kertas ukuran A4, margin normal, 1.15 spasi, maksimal 4 halaman, Calibri 12 point, disertai footnote / daftar pustaka bila terdapat rujukan atau kutipan.
6. Satu orang penulis hanya boleh mengirim maksimal 2 naskah.
7. Halaman akhir naskah dilengkapi dengan data pribadi (nama, usia, alamat, no HP, email) dan riwayat kepenulisan (misalnya: pernah jadi redaktur, pernah menerbitkan buku atau karya lain, pemenang lomba menulis, dsb.)
8. Naskah yang masuk menjadi milik panitia seleksi naskah. Jika dipandang perlu, naskah yang masuk dan isinya layak terbit, namun masih perlu direvisi misalnya, kami akan memberi kesempatan kepada penulis untuk merevisinya segera.
9. Keputusan panitia seleksi adalah kuat dan tidak dapat diganggu gugat.

Setiap penulis yang naskahnya dibukukan akan mendapatkan royalty 10% dari penjualan buku dibagi jumlah penulis.

Selamat menulis......dan Sukses.

Salam,

Much. Khoiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar