Belajar Mengajar Berkarya


     Hidup ini pada dasarnya adalah belajar. Belajar tentang apa saja. Saya kuliah di universitas Alam Semesta. Banyak hal yang bisa saya pelajari dalam kehidupan ini. Belajar untuk bersabar, ikhlas, pasrah dan bersyukur atas semua yang dianugerahkan kepadaku. Aku belajar juga tentang agama, pendidikan, mendidik anak, berbakti terhadap orang tua, mengalah, dan masih banyak lagi. 
     Mengajar bukan hanya peran saya sebagai sorang guru yang tugasnya adalah mengajar. Terlebih dari itu, mengajar adalah menyampaikan apa yang telah diketahui kepada orang lain. Mengajar berarti memberi. Mengajar bisa memberi ilmu, pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain.  Mengajar tidak hanya di dalam kelas. Mengajar bisa lewat tulisan di blog, buku dan lainnya.  Untungnya, saya adalah seorang guru sehingga saya bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa dengan mudahnya.
     Berkarya adalah menghasilkan suatu karya. Dalam hidup ini, saya harus menghasilkan suatu karya. Karya tersebut bisa karya tulisan, karya inovasi, karya apa saja yang penting bermanfaat.  Saya mengatakan bahwa saya telah berkarya jika saya telah bisa berhasil mendidik anak-anak, baik anak sendiri maupun anak-anak di sekolah. Jika saya berhasil membimbing anak didik berprestasi, saya akan bangga sekali. Saya juga selalu menuliskan apa yang saya lakukan. Di waktu yang akan datang saya bercita-cita  menerbitkan sebuah buku sebagai wujud karya saya.
          Tiga hal itulah yang menjadi prinsip dalam hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar