Kegiatan Lomba Kreativitas Guru Tahun 2014 Hari Pertama



      Pembukaan dimulai pada pukul tujuh malam. Aku melihat para peserta kali ini kebanyakan bukan wajah-wajah baru. Mereka adalah pemain lama, Aku sudah bertemu beberapa peserta di beberapa ajang kompetisi guru seperti LIPI, best practice,  simposium inovasi pemebelajaran, dan LKG.  Intinya, mereka adalah orang pilihan.
          Sebelum acara dimulai, panitia memutarkan pengambdian guru SM3T (Sekolah  Mengajar Terluas, terdalam dan terluar). Saya bisa belajar tentang pengabdian dari tayangan tersebut. Para guru muda itu benar-benar berjuang dan mengabdi dalam mendidik anak bangsa. Mereka harus berjuang menakhlukkan medan yang sulit, motivasi masyarakat yang rendah, minimnya alat peraga, sarana prasarana yang sangat jaug dari standar. Oh… sungguh saya terharu melihatnya. Saya merasa tidak ada harganya dibandingkan mereka. Benar, saya masih kurang pengabdian saya dalam mencerdaskan anak bangsa. Padahal, dilihat dari kondisi sekolah dan keadaan siswa saya jauh lebih baik dari keadaan yang ada pada tayangan video itu. Saya menjadi malu sendiri.
          Setelah diperlihatkan tayangan tersebut, Ketua tim juri (Prof. Sudarwan Danim) memberikan pengarahan tentang peraturan penentuan pemenang lomba kreativitas guru dalam pembelajaran. Ada beberapa  hal yang beliau sampaikan hal-hal berikut:
1.     Waktu presentasi tigapuluh menit yaitu 10 menit presentasi dan 20 menit Tanya jawab.
2.    Setiap jenjangnya akan diambil tiga pemenang.
3.    Masing-masing jenjang terdapat tiga juri.
4.    Para juri akan menanya atau menyanggah atau menyarankan.
5.    Sebelumnya, juri menyeleksi naskah berdasarkan kebutuhan dan rasio bidang studi, keunikan dan kegunaannya.
6.    Naskah juara akan diterbitkan pada jurnal PGRI sehingga nantinya bisa berguna bagi guru untuk keperluan kenaikan pangkat
7.    Seleksi dilakukan pada tiga tahapan yaitu tahap administrasi, penentuan finalis, dan penetuan peserta.
8.    Unsur yang dinilai adalah : orisinalitas naskah, kreatifitas, inovasi, spesifik, sesuai dengan karakter siswa, berguna bagi siswa untuk masa yang akan datang, dan menggunakan TIK.
9.    Untuk  undian presentasi, diumumkan tiga pertama, tiga kedua, dan seterusnya.
10. Kegiatan selama di Jakarta adalah sebagai berikut:
1.     Hari pertama: Pembukaan
2.    Hari kedua: Presentasi
3.    Hari ketiga: Upacara bersama Kemendikbud dan pengumuman finalis
4.    Hari keempat: Upacara bersama presiden dan pemberian penghargaan bagi pemenang
5.    Hari kelima: Paparan pemenanag di depan semua peserta dan penutupan.

Demikian untuk sementara kegiatan yang bisa saya laporkan. Isi sambuatan ketua  Badan PSDMPK-PMP menyusul….

3 komentar:

  1. Bakal mengadapi hari-hari yang pedat penuh makna

    BalasHapus
  2. Selamat ya bu.... ibu luar biasa, sy temanya bu triawati agusnila dr purbalingga, kami sering lomba bersama, utk lkg 2014 ini sy tadinya mau ngirim...tp videonya blm ada shg sy cancel....kunjungi balik di blog sy ya..lantanida.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ibu Idha Nurhayati. Salam kenal. Saya dan bu Triawati berteman juga baru berteman dan langsung akrab. Semoga tahun depan bisa menikuti LKG ya

      Hapus