Senangnya saya mendapat kesempatan yang sangat baik ini. Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti kegiatan ini. Awalnya saya melihat di web. Lalu saya baca ada kegiatan best practice guru dan kepala sekolah. Seperti ini isi informasi itu:
Guna meningkatkan motivasi guru
dalam menulis dan menyebarluaskan pengalaman terbaiknya, Direktorat Pembinaan
Pendidik dan Tenaga Kependididan Pendidikan Menengah mangadakan lomba penulisan
“Best Practice Guru.” Tulisan pengalaman terbaik (Best Practice) guru adalah
tulisan yang dibuat guru yang berisi laporan uraian pengalaman nyata guru dalam
memecahkan berbagai masalah pelaksanaan pembelajaran dan/atau masalah
pengelolaan yang ada di kelas (bagi guru) atau di satuan pendidikan (bagi
kepala sekolah). Tulisan merupakan pengalaman nyata guru, bukan pengalaman
orang lain, saduran, terjemahan atau plagiasi.
Prosedur
Penulisan Best Practice
1. Peserta kegiatan ini adalah guru/kepala sekolah pendidikan menengah.
2. Penulisan laporan Best Practice dilakukan perseorangan.
3. Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia:
- Laporan tertulis sebanyak 2 (dua) eksemplar.
- Naskah sajian (print-out) presentasi yang berupa tayangan PowerPoint, dengan jumlah slide sekitar 10-20 buah.
- CD yang berisi laporan lengkap dalam format MS. Word dan juga berisi naskah presentasi dalam bentuk PowerPoint.
1. Peserta kegiatan ini adalah guru/kepala sekolah pendidikan menengah.
2. Penulisan laporan Best Practice dilakukan perseorangan.
3. Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia:
- Laporan tertulis sebanyak 2 (dua) eksemplar.
- Naskah sajian (print-out) presentasi yang berupa tayangan PowerPoint, dengan jumlah slide sekitar 10-20 buah.
- CD yang berisi laporan lengkap dalam format MS. Word dan juga berisi naskah presentasi dalam bentuk PowerPoint.
Aturan
dan Kerangka Penulisan
1. Pengalaman terbaik (Best Practice) guru diketik dengan menggunakan huruf ARIAL font 12, spasi 1,5, menggunakan kertas ukuran A4 70 gr, tidak bolak-balik.
2. Jarak pengetikan bagian atas 3,0 cm dan bawah 2,5 cm, bagian tepi kiri 3,0 cm dan kanan 2,5 cm. Setiap halaman diberi nomor halaman.
3. Naskah dijilid rapi dengan menggunakan sampul soft cover berwarna MERAH dan format sesuai dengan yang tersaji dalam lampiran. Semua lampiran, harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
4.Kerangka isi penulisan diatur sebagai berikut.
1. Pengalaman terbaik (Best Practice) guru diketik dengan menggunakan huruf ARIAL font 12, spasi 1,5, menggunakan kertas ukuran A4 70 gr, tidak bolak-balik.
2. Jarak pengetikan bagian atas 3,0 cm dan bawah 2,5 cm, bagian tepi kiri 3,0 cm dan kanan 2,5 cm. Setiap halaman diberi nomor halaman.
3. Naskah dijilid rapi dengan menggunakan sampul soft cover berwarna MERAH dan format sesuai dengan yang tersaji dalam lampiran. Semua lampiran, harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
4.Kerangka isi penulisan diatur sebagai berikut.
Bagian Awal terdiri atas: (a)
halaman judul; (b) lembaran pengesahan; (c) kata pengantar; (d) daftar isi, (e)
abstrak atau ringkasan; serta (f). daftar tabel, daftar gambar, dan daftar
lampiran (bila ada). Lembar persetujuan ditandatangani Koordinator Pengawas
bila yang menyusun adalah pengawas dan ditandatangani Pejabat Dinas Pendidikan
bila yang menyusun adalah koordinator pengawas. Bagian Isi terdiri atas
beberapa bab. (a) Bab Pendahuluan menjelaskan latar belakang, permasalahan,
tujuan, dan manfaat. (b) Bab Kajian tentang Pembahasan dan Pemecahan Masalah
yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah yang
dituangkan secara rinci. Hal yang sangat perlu dituliskan adalah bagaimana
tindakan, cara, langkah yang dilakukan oleh pengawas sekolah sehingga kegiatan
tersebut dinyatakan sebagai pengalaman terbaiknya dalam memecahkan masalah dan
juga dihubungkan dengan teori akademik yang menunjang. Semua uraian tentang
pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan harus didukung (dilampirkan) dengan
data yang benar. Hal yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah keaslian
dan kejelasan ide/gagasan terkait dengan upaya pemecahan masalah. Uraian ini
merupakan inti tulisan Best Practice. (c) Bab Simpulan dan Saran berisi uraian
tentang hal-hal yang dapat dipetik sarinya dari pengalaman berharga tersebut.
Simpulan diikuti dengan saran atau rekomendasi terhadap pihak terkait dengan
pemecahan masalah tersebut. Bagian Penunjang berisi daftar pustaka dan
lampiran-lampiran yang menunjang tulisan tersebut. Sajian lampiran dimaksudkan
sebagai bukti penunjang kegiatan yang ditulis itu benar-benar merupakan hal
nyata yang telah dilakukan.
Pengiriman
Laporan Best Practice
Berkas laporan dikirim ke alamat panitia dan selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2012 Pukul 13.00 WIB berkas sudah diterima panita.
Berkas laporan dikirim ke alamat panitia dan selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2012 Pukul 13.00 WIB berkas sudah diterima panita.
Penilaian
Penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian administratif dan substansi tulisan. Peserta yang lolos tahap seleksi ini diundang melakukan presentasi. Tahap kedua dilakukan penilaian berdasarkan substansi isi dan hasil presentasi dengan kriteria (a) kesesuaian presentasi dengan isi tulisan, (b) kejelasan dan logika dalam penyajian, dan (c) unjuk kerja selama menyajikan presentasi.
Penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian administratif dan substansi tulisan. Peserta yang lolos tahap seleksi ini diundang melakukan presentasi. Tahap kedua dilakukan penilaian berdasarkan substansi isi dan hasil presentasi dengan kriteria (a) kesesuaian presentasi dengan isi tulisan, (b) kejelasan dan logika dalam penyajian, dan (c) unjuk kerja selama menyajikan presentasi.
Penghargaan
Penulis dan penyaji Pengalaman Terbaik (Best Practice) akan memperoleh hadiah yang berupa sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya.
Penulis dan penyaji Pengalaman Terbaik (Best Practice) akan memperoleh hadiah yang berupa sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya.
PANITIA
PENULISAN BEST PRACTICE
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Dikmen
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10270
Telp/Fax: 021-57974108
Email: programptkdikmen@yahoo.co.id
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Dikmen
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10270
Telp/Fax: 021-57974108
Email: programptkdikmen@yahoo.co.id
Saya lalu menulis makalahnya. Kebetulan sekali saya sedang menerapkan upaya meningkatkan kosakata siswa saya yang rendah dengan BTK. Alhamdulillah naskah saya masuk nominasi.
Pada kegiatan itu saya bertemu dengan guru berprestasi, kepapa sekolah berprestasi dan juga pengawas berprestasi. Mereka memang orang yang hebat luar biasa.
Ini foto saya ketika sedang presentasi
Diambil sepuluh penyaji terbaik pada kegiatan itu. Saya tidak masuk sepuluh besar namun saya sudah cukup senang mendapat kesempatan ini. Semoga tahun depan bisa ikut dan lebih baik lagi.
Super teacher......
BalasHapusAh tidak juga kok.
Hapus