SABAR

SABAR (1)

        Sabar. Satu kata yang singkat namun sangat sulit untuk dilaksanakan. Namun, penulis akan sharing pengalaman bahwasannya sabar bisa dilatihkan pada diri sendiri. Selain itu, buah dari kesabaran sangatlah manis.  
        Siapa yang tidak mendapatkan ujian dan cobaan. Semua orang hidup pasti mendapatkan ujian. Memang, tingkat ujian masing-masing berbeda-beda. Namun, apabila tingkat kepasrahan pada diri sudah sangat kuat, tidak begitu sulit untuk bisa bersabar.
Suatu hari, saya pernah mendapatkan ujian dari Allah. Ujian itu adalah rasa teraniaya oleh pimpinan di temapat saya bekerja. Pimpinan saya, entah apa sebabnya, sangat membenci saya. Apapun yang saya lakukan pasti salah dihadapannya. Namun, sebagai orang yang mempunyai prinsip dan tujuan, saya tidak menghiraukan apapun ocehannya karena semua apa yang dikatakan sangat menyakitkan. Suatu hari, saya hendak mengrim naskah untuk lomba di Jakarta. Saya meminta tanda tangan darinya. Bukannya mendukung, eh dia malah mencaci maki. Dikatakannya saya sudah melangkahi dia karena tidak meminta izin terlebih dahulu. Dia pun tidak mau memberikan tanda tangannya.
       Apakah saya tidak jadi mengirimkan naskah tersebut? Tidak. Saya tetap mengirimkannya. Apa yang terjadi berikutnya? Saya terpanggil menjadi finalis. Sejak saat itu dia berubah menjadi baik kepada saya. Andai saya tidak sabar dan diam saja mendengarkan omelannya, andai saja saya tidak merasa teraniaya, mungkin allah tidak akan memberikan belas kasihnya.
        Itulah salah satu buah dari kesabaran dalam mengahdapi pimpinan yang sangat membenci kita. Semoga kesabaran senantiasa menghiasai hati kita. Tuntu saja banyak kisah lainnya. 
Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar