Ilmu Bola



Ilmu Bola

Oleh: Rustiani Widiasih

        Tentunya banyak yang sudah mengetahui ilmu padi, makin  tua makin berisi dan makin menunduk. Maksudnya adalah semakin banyak kelebihan yang dimiliki seseorang, dia akan semakin rendah hati kepada sesama manusia dan tawadhu’ terhadap Allah SWT.
        Lalu bagaimana dengan ilmu bola? Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola tentunya adalah bola yang bagus tidak kempes, dan  layak dipakai. 

        Bola yang jelek, tidak akan  di pakai karena tidak layak untuk digunakan dan tidak ada daya tariknya lagi. Anak-anak juga tidak mau main sepak bola dengan bola yang jelek dan kempes.

 Bola  yang bagus dan digunakan untuk permainan sepak bola itu lalu ditendang kesana kemari agar bisa dimasukkan ke gawang. Kalau bola berhasil dimasukkan ke gawang berarti bisa mencetak goal.  Goal disambut gembira dan sorak sorai penuh kegembiraan. Itulah  ilmu bola.
        Kalau bola diibaratkan dengan orang, orang yang  tidak memiliki keunggulan atau kebaikan, pastilah tidak akan digunakan oleh orang lain. Orang semacan ini tidak diperhitungkan dalam masyrakat. Sebaliknya, orang yang baik, mempunyai keunggulan, berkualitas tinggi, pasti akan diperhitungkan dalam masyarakat. Orang semacam ini biasanya menjadi daya tarik bagi orang lain untuk dilihat, dikritik, dan juga di “tendang” sana sini.
        Jika pembaca termasuk orang yang menjadi pusat perhatian seperti di atas, maka tidak usah terlalu pusing memikirkan omongan orang. Yang penting Anda berjalan pada jalur yang benar. Kelak jika Anda berhasil pun mereka tidak akan pernah  berhenti “menendang” Anda.
        Banyak sekali kisah tentang kedasyatan omongan miring orang. Dalam satu sisi, bisa menjadi pemompa, di sisi yang lain jusru menjadi pengembos saja. Itu semua tergantung bagaimana kita yang menganggap omongan miring orang. Jika kita menggunakan sebagai obat akan menyehatakan, jika kita anggap sebagai cambuk akan semakin memacu kita. Jika kita anggap sebagai racun, akan membunuh kita.
        Jadi,  jika Anda mempunyai misi yang jelas dalam hidup Anda, teruslah berjalan menuju tujuan hidup Anda.  Di sepanjang perjalanan itu  anda akan mendengan omongan orang. Ambil positifnya saja. Ingat, Anda adalah “bola yang bagus”. Anda akan ditendang di sana sini. Kelas jika anda bisa mencetak goal, Anda akan merasakan kesenangan dan kepuasan yang tiada taranya. Rasanya indah dan manis sekali jika anda bisa melewati satu goal dalam hidup Anda. Buktikan!

Pelatih Drum Band



Belajar Dari Pelatih Drum Band

Oleh: Rustiani Widiasih



     Suatu hari, saya mendapati pemandangan yang bagiku luar biasa. Kala itu anakku masih duduk di bangku taman kanak-kanak.  Pada hari itu, guru mengatakan kalau sepulang sekolah anak-anak akan berlatih  drum band.  Sepulang sekolah, anak-anak pun dengan penuh semangat menanti pelatih drum band. Namun, hingga pukul sebelas siang sang pelatih itu tidak kunjung datang.  Para orang tua wali murid banyak yang mengeluk, tidak sabar menanti kedatangan guru drum band tersebut. Keadaan seperti itu berbeda sekali dengan keadan para siswa yang sangat antusias menanti kedatangan guru drum band.
          Hari semakin panas. Setelah pukul sebelas lebih, sang pelatih datang. Anak-anak berlarian menjemput pelatih tersebut. Mereka berebut untuk berjabat tangan dengan pelatih.  Sampai-sampai sang pelatih kewalahan melayani anak-anak. Jika anak belum berjabat tangan dengan pelatih itu, mereka masih sabar menanti tangannya dijabat oleh sang pelatih.
          Melihat pemandangan itu, aku sungguh tertegun dan juga iri. Aku bertanya-tanya, mengapa anak-anak sebegitu  senangnya terhadap pak pelatih drum band itu?  Selama saya menjadi seorang guru, belum pernah siswa-siswa saya berebut untuk berjabat tangan denganku sebegitu antusianya.
          Untuk menjawab rasa penasaran saya, saya terus mengikuti cara pak pelatih drum band mengajar anak-anak.  Aku melihat anak-anak  kecil itu sebegitu mudahnya diatur oleh pak pelatih. Tanpa banyak komentar, anak-anak mengambil peralatannya masing-masing lalu berbaris sesuai dengan urutannya.  Setelah anak-anak siap, pak pelatih memimpin untuk melakukan doa bersama sebalum latihan. Terik dan panas tidak dihiraukan oleh anak-anak.  Tidak lama kemudian, aku mendengar suara drum band yang sungguh berirama dan harmonis. Anak-anak sekecil itu bisa menghasilkan suara yang layak didengar. Aku semakin takjub dibuatnya. Anak-anak hafal solmisasinya di luar kepala.
          Apa yang aku lihat saat ini adalah hasil kreativitas seorang pelatih. Bagaimana dia bisa mengkondisikan anak sebanyak dan sekecil itu sehingga bisa mengasilkan nada irama yang sebagaimana lagu seharusnya. Pastinya tidak mudah untuk bisa  berhasil melatih anak-anak seperti itu.
          Ada beberapa hal yang bisa saya pelajari dari pak pelatih drum band. Pertama,  guru harus menjadi orang yang menyenangkan bagi siswa. Guru adalah sahabat siswa. Ya, pelatih itu salayaknya sahabat siswa saja. Dia suka toast dengan siswanya jika siswanya melakukan dengan benar. Dengan demikian siswa akan merasa dirinya dihargai dan penting.
          Kedua, guru harus selalu memotivasi siswa. Pelatih itu, suka berkata, “pintar, yes” sehingga anak akan termotivasi untuk bisa. Ketiga, pelatih itu sesekali melucu. Ini sangat disulai siswa, siswa tidak takut dengan pelatih karenanya. Siswa merasa enjoy dengan segala ucapan pelatih. Keempat, jika ada siswa yang salah, pelatih  membenarkan dengan joke.
          Itu yang bisa saya amati hari itu. Pastilah masih banyak yang saya tidk tahu karena tidak setiap latihan saya bisa menunggui. Namun, saya belajar banyak dari pengalaman ini. Semoga kelak saya bisa menjadi guru yang dirindukan siswaku.
****

PKG


 Penilaian Kinerja Guru.

      Mau tidak mau sebagai seorang guru saya harus mengikuti peraturan yang berlaku salah satunya adalah dalam hal PKG atau Penilaian Kinerja Guru.  Banyak hal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan nilai yang bagus. Jujur aku bingung dalam memasukkan indikator dan bukti / fakta kedalam empat kolom yaitu: Sebelum pengamatan, selama pemngamatan, setelah pengamatan dan pemantauan. 
       Semoga Indikator berikut bisa membantu pembaca sekalian.
Penilaian untuk Kompetensi 1
1.Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
(1)Guru memiliki data tentang hasil belajar
(2)Guru memiliki cacatan khusus siswa
(3)Guru memiliki catatan kelebihan dan kekurangan peserta didik.
2.Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
(1)Merancang kegiatan pembelajaran yg sesuai dengan karakteristik peserta didik
 (2) Guru  memberi stimulasi ke semua siswa untuk bertanya, menjawab, dan berkomentar
(3)Guru memberi pertanyaan terbuka dan memberi kesempatan ke semua siswa untuk menjawabnya
(4)Guru memberi pertanyaan pelacak
(5)Guru memberi kesempatan kepada siswa/ kelompok siswa untuk melakukan prsesentasi, yang lain menanggapi
(6)Guru melakukan pengecekan secara  rutin bahwa semua peserta didik secara aktip melaksanakan kegiatan pembelajaran yang diberikan

3.Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
(1)Guru mengatur tempat duduk siswa sehingga memungkinkan siswa unutk saling beriteraksi sesuai dengan karakteristik peserta didik
(2)Guru memberi kesempatan belajar peserta didik sesuai dengan kemampuan belajarnya
(3)Guru  membimbing belajar siswa yang kelainan fisik/ lambat dalam belajar
4.Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
(1)Guru mempunyai data pribadi peserta didik
(2)Guru memberi perhatian khusus pada siswa yang berkelainan untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lain
(3)Guru memiliki buku agenda tindak lanjut tentang perilaku siswa
5.Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
(1)Guru memberi tugas testruktur/ tugas mandiri tak terstruktur dalam proses pembelajaran untuk membantu mengembangkan potensi siswa
(2)Guru memberi kesempatan pada siswa/ kelompok untuk melakukan prsesentasi, siswa lain menanggapi
(3)Guru memberikan bimbingan  pada peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar
6.Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
(1)Guru mengatur tempat duduk pada anak yang mempunyai kelemahan sehingga ia mampu leluasa beraktivitas
(2)Guru memberi penguatan pada anak yang mempunyai kelemahan tertentu


Penilaian untuk Kompetensi 2
1.Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
(1)Penerapan kegiatan pembelajaran eksplorasi /menekankan  pada siswa belajar
(2) Penerapan 2 kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  (3)Guru menggunakan alat bantu pembelajaran
(4)Guru memberikan kesempatan siswa bertanyadan meresponnya
(5)Gurumemberikan kesempatan siswa menjawab pertanyaan sesama siswa
(6)Guru memberikan kesempatan siswa menyimpulkan hasil pembahasan pokok materi
(7)Ketepatan strategi pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran
2.Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
(1.)Guru mengajukan pertanyaan / konfirmasi / memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pembelajaran yang telah lalu
(2.)Guru melakukan aktivitas pembelajaran disesuaikan dengan hasil konfirmasi
(3.)Guru melakukan evaluasi terhadap pokok materi untuk mengetahui daya serap
(4)Guru memberikan tugas yang berhubungan dengan pokok materi untuk memperdalam pemahaman materi
3.Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan / aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran
(1)Menyampaikan tujuan menyampaikan alasan mempelajari materi saat itu
(2) Guru melaksanakan Strategi pembelajaran sesuai rencana dan sesuai dengan harapan tingkat keberhasilan
(3)Guru melakukan  perubahan strategi pembelajaran
(4)Ada peningkatan keberhasilan pada perubahan strategi pembelajaran
4.Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik
(1)Guru menggunakan pendekatan kontekstual learning
(2)Guru menggunakan metode bervariasi (Diskusi, ceramah interaktif, tanya jawab)
(3)Menggunakan media bantu
5.Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
(1)Dokumen RPP sesuai standar (7 Komponan dalam 1 kesatuan)
(2)RPP disusun untuk lebih dari 1 kali pertemuan
(3)RPP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran
(4)Kesesuaian dalam pelaksanaan pembelajaran
6.Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
(1.)Guru merespon pertanyaan siswa yang kurang jelas tentang pembelajaran yang disampaikan
(2)Guru memberikan penegasan terhadap pertanyaan siswa yang kurang difahami kepada semua siswa
(3)Guru melakukan review RPP yang disampaikan dan perbaikan pada pertemuan berikutnya
Penilaian untuk Kompetensi 3

1.Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
(1)Dokumen analisis kontek Analisis Standar isi (SKL dan Tujuan MP )
 (2)Dokumen Pemetaan SK / KD,
(3)Dokumen KKM
  (4)Dokumen silabus
(5)Dokumen Prota dan Prosem
2.Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
(1)       Dokumen RPP
(2)        Kelengkapan Komponen RPP yang benar
(3)       Dokumen bahan ajar
1.Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
(1)KBM dilakukan dengan urutan Pendahuluan,
(2)KBM dilakukan dengan urutan Inti memuat Eksplorasi, Elaborasi dan konfirmasi
(3)KBM dilakukan dengan urutan Penutup memuat penguatan, tindak lanjut dan penilaian
2.Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
(1)Materi mengacu pada tujuan pembelajaran
(2)Materi dikembangkan dan mengacu pada indicator pencapaian kompetensi
(3)Dikembangkan berdasarkan SK / KD
(4)tepat dan mutakhir
(5)sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar     peserta didik
(6)dapat dilaksanakan di dalam dan di luar kelas
(7)sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik

Penilaian untuk Kompetensi 4

1.Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
(1)Dokumen RPP disusun secara lengkap sesuai dengan SK/KD, indikator dan tujuan pembelajaran
 (2)KBM sesuai dengan RPP
(3)Tujuan Pembelajaran tercapai
(4)Guru menguasai materi pembelajaran
2.Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
(1)Memberikan accuan kemudahan berpikir.
(2)Memberikan konsep jembatan keledai untuk mempermudah daya ingat.
(3)Guru menghargai pendapat siswa dan memberi penguatan /pujian terlepas benar atau salah jawaban siswa
(4)Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran siswa untuk mencapai tujuan
(5)Guru selalu menjawab pertanyaan siswa yang mennemui kesulitan dalam memahami konsep materi yang dibahas
3.Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
1.Menghubungkan materi dengan kondisi terkini
2.Menginformasikan materi tambahan
3.menyampaikan indikator pembelajaran.
4.menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
(1)Guru tidak memvonis salah jawaban siswa dan tetap menghargai apapun jawabannya.
(2)Guru memberikan pujian atas jawaban siswa yang salah dengan bahasa yang santun
(3)Memberikan pujian terhadap jawaban siswa yang benar
(4)Guru memberi kesempatan untuk berpikir kepada siswa dalam menjawab pertanyaan
(5)Guru tidak memotong pertanyaan / jawaban siswa
6.Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik
(1)Sesuai RPP
(2)Sesuai SK/KD
(3)Sesuai silabus
(4)Sesuai indikator
(5)Sesuai dengan lingkungan
5.Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
(1)Menerapkan model pembelajaran yang interaktif
(2)Methode pembelajaran yang bervariasi
(3)Tidak berpusat pada siswa
(4)Memperhatikan keragaman daya serap siswa
6.Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
(1)Guru tidak fokus berdiri pada satu tempat
(2)Guru memotivasi siswa yang pasif
(2)Guru tidak mendominasi PBM di kelas
(3)Seluruh siswa terlibat aktif dalam PBM
(4)> 75 % siswa membawa dan menyimak buku pelajaran yang dibahas dan relevan
(5) Adanya upaya penanganan bagi siswa yang tidak aktif

7.Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
(1)Guru mampu memilih model pembelajaran sesuai kondisi
(2)Optimalisasi  media yang ada
(3)Guru mampu mengelola waktu sesuai dengan RPP

8.Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain
(1)Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk bertanya
(2)Guru memberi kesempatan berpikir kepada siswa
(3)Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan siswa
Guru memberi respon positif terhadap jawaban siswa

9.Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
(1)Guru menyampaikan materi secara runtut (urut, logis, sederhana dan ringkas)
(2)Guru menyampaikan materi dari pemahaman yang mudah menuju pada materi yang sulit
(3)Guru memantau daya serap siswa, dengan memberikan umpan balik kepada siswa

10.Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
(1)Dalam penggunaan papan tulis terbagi dengan prosporsional dan hanya pada pokok-pokoknya saja
(2)Menggunakan alat bantu sederhana..
(3)Terampil menggunakan alat bantu audio visual (LCD dan sejenisnya)
(4)Menggunakan Alat peraga lain yang sesuai

Penilaian untuk Kompetensi 5

1.Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
(1)Buku nilai
(2)Dokumen analisis ulangan harian
(3)Dokumen analisis mid semester
(4)Dokumen analisis semester
(5) Dokumen remedial dan pengayaan
2.Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
(1)Silabus
(2)Prog. Tahunan dan Semester
(3)RPP yang memenuhi kriteria
(4)Pelaksanaan PBM sesuai dengan RPP
2.Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
(1)Pembelajaran berpusat pada siswa
(2)Pembelajaran dirancang agar setiap peserta didik aktif Dalam pelaksanaannya …
(3)Guru memperhatikan aktifitas setiap peserta didik dalam pembelajaran
(4)Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya
(5)Guru memberikan perhatian terhadap kontribusi peserta didik
(6)Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk bertanya tentang topic yang dibahas
3.Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
(1)Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
(2) Guru menjawab / merespon pertanyaan siswa
4.Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
(1)guru memiliki catatan kepribadian siswa yang bermasalah …
(2)guru memiliki catatan kepribadian seluruh siswa yang dibimbingnya …
5.Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
(1)Adanya Tugas Mandiri
(2)Adanya Tugas Terstruktur
(3)Adanya Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
6.Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
(1)Adanya Lembar kerja Siswa
(2)Menggunakan metode Diskusi
(3)Menggunakan Alat bantu / media (Alat peraga / LCD)


Penilaian untuk Kompetensi 6

1.        Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
(1)Memberikan pertanyaan terbuka, utk mengetahui pemahaman siswa
(2)Siswa terlibat komunikatif secara aktif
2.Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
(1)banyaknya tanggapan dari  siswa
(2)guru menyimak semua tanggapan siswa
(3)Guru tidak meng interupsi dari tanggapan siswa kecuali jika diperlukan.
3.Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
(1)menggunakan bahasa yg memotivasi siswa
(2)memberikan ulasan dan pujian
4.Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
(1)Guru membuat kelompok diskusi belajar
(2)Memberikan kesempatan kepada setiap kelompok melaporkan hasil diskusi
(3)Memberikan kesempaan kepada setiap kelompok untuk memberikan tanggapan
5.Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
(1)Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan atas jawaban siswa
(2) Guru memberikan penguatan berupa pujian pada setiap jawaban siswa terlepas benar atau salah
(3)Guru memberikan penguatan dan penegasan terhadap jawaban yang benar
6.Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik
(1)Guru memberikan penguatan dan penegasan terhadap jawaban
(2)Guru menyimpulkan jawaban yang benar dari beberapa  pernyataan siswa


Penilaian untuk Kompetensi 7

1.Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
(1)Terdapat SK,KD,Indikator, Tujuan Pembelajaran
(2)Kisi-kisi soal
(3)Soal/ Jawaban
(4)Panduan penilian / penskoran
2.Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
(1)Bukti fisik  Pemberian tugas kepada siswa dan nilai
(2)Bukti fisik instrument  penilaian unjuk kerja
(3)Bukti fisik Penialaian afektif
(4)Bukti fisik Format keberatan terhadap hasil penilaian guru terhadap siswa baik penilaian formal maupun non formal setelah nilai disampaikan
3.Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
(1)Terdapat bukti fisik Hasil analisisis dan KKM
(2)Bukti fisik remedial dan pengayaan
4.Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.

(1)  Jurnal Guru yang terdapat  catatan masukan peserta didik
(2)  Bukti fisik program reflkesi (remedy dan pengayaan)
5.Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
(1)Bukti fisik hasil pembelajaran/Daftar nilai per KD
(2)Perbaikan RPP
Penilaian untuk Kompetensi 8

1.Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
(1)Beibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
(2)Berpakaian rapi
(3)Berperilaku santun
(4)Menghargai sesama
(5)Memiliki rasa empati
(6)Peduli akan prilaku Siswa
(7)Peduli akan kebersihan lingkungan
2.Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
(1)Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan
(2)Menerima dan menghargai perbedaan pendapat.
(3)Aktif dalam kegiatan pengembangan profesi (MGMP, MKKS, KKG dan sejenisnya)
3.Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
(1)Ramah, sopan dan santun dalam bersikap
(2)Rendah diri dan bersahaja
(3)Tidak meremehkan / merendahkan orang lain
(4)Menghargai perbedaan
(5)Peduli dan berempati dengan sesama
(6)Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
(1)Mengikuti Upacara bendera
(2)Mengikuti perayaan hari besar Nasional
(3)Mengikuti perayaan hari besar agama yang dianutnya

 5.Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
(1)Menghormati dan menghargai kebhinekaan suku, ras dan agama
(2)Tidak sara dan sukuisme
(3)Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
(4)Memelihara budaya positif bangsa
(5)Bergaul tanpa membedakan ras dan agama

Penilaian untuk Kompetensi 9

1.Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
(1)Bertingkah laku dan berbicara sopan kepada siapapun
(2)Berpakaian sopan
(3)Rendah hati dan bersahaja
2.Guru mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
(1)Bergaul dan sharing dengan teman sejawat terkait kompetensi pedagogi
(2)Terbuka dan mau menerima kritikan dari teman sejawat dalam segala hal dalam bingkai profesionalisme
(3)Memberikan masukan kepada teman sejawat bila diminta
3.Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
(1)Menguasai kelas dengan indikasi peserta didik merasa nyaman mengikuti PBM.
(2)Seluruh peserta didik berpartisipasi aktif selama PBM
(3)Suasana kelas kondusif dan tertib
4.Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
(1)Guru merespon positif setiap aktifitas siswa
(2)Guru memberikan kesempatan bertanya atau mengungkapkan pendapatnya kepada siswa
(3)Guru terbuka menerima kritik dan saran dari siswa secara bijak selama tidak menurunkan harkat dan martabatnya
5.Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
(1)Guru selalu menjaga prilakunya  baik dimanapun berada
(2)Guru selalu melakukan hal yang positif dan menjadi tauladan bagi siapa saja
(3)Berusaha menjadi yang terbaik
(data diperoleh dengan bertanya kepada teman sejawat)
Penilaian untuk Kompetensi 10

1.Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
(1)Hadir dan memulai pembelajaran tepat pada waktunya
(2)Keluar kelas / mengkahiri pembelajaran di kelas tepat waktu
(3)Efisien dalam pemanfaatan waktu yang disediakan
2.Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
(1)Guru menyiapkan tugas mandiri atau kelompok
(2)  Ada tindak lanjut atas tugas yang diberikan
(3)Koordinasi dengan guru piket sebelumnya
3.Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
(1)Konfirmasi jauh hari sebelumnya bila direncanakan.
(2)Merancang kegiatan pembelajaran yang didominasi oleh aktifitas siswa dalam bentuk tugas mandiri atau kelompok
(3)Permohonan izin kepada kepala sekolah dengan mempertimbangkan tingkat kepentingan meninggalkan tugas
4.Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
(1)Konfirmasi jauh hari sebelumnya bila direncanakan.
(2)Merancang kegiatan pembelajaran yang didominasi oleh aktifitas siswa dalam bentuk tugas mandiri atau kelompok
(3)Permohonan izin kepada kepala sekolah dengan mempertimbangkan tingkat kepentingan meninggalkan tugas
5.Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
(1)Pekerjaan dilaksanakan tuntas dari perencanaan sampai dengan penilaian hasil belajar dalam bentuk Rapor
(2)Tidak membebankan pekerjaan kepada teman sejawat
(3)Tidak menunda penyampaian laporan hasil belajar diluar waktu yang telah ditentukan
6.Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
(1)       Melaksanakan kegiatan di luar jam mengajar sesuai job diskripsi tugas tambahan yang menjadi tanggungjawabnya
(2)       Menyusun RPP yang belum tuntas
(3)       Membuat bahan ajar, modul dan alat peraga
7.Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah
(1)Menjadi tauladan bagi teman sejawat
(2)  Menjadi Guru favorit dan berprestasi minimal di tingkat sekolah
(3) Aktif mengikuti kegiatan lomba dan memperoleh prestasi dalam lomba terkait dengan bidang tugasnya tanpa meninggalkan tugas utamanya sebagai guru
8.Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru
(1)Melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan komit dan konsisten
(2)Menjadi tauladan bagi teman sejawat dan peserta didik
(3)Konsisten dan tidak terpengaruh dengan promosi jabatan
(4)Selalu meningkatkan kompetensinya sebagai guru

Penilaian untuk Kompetensi 11

1.Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
(1)Guru memilki dokumen catatan kemajuan, kesulitan belajar siswa
(2)Guru berkoordinasi dengan dengan teman sejawat / guru BK terkait masalah peserta didik
(2)Guru memiliki catatan dan upaya tindak lanjut
2.Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
(1)Guru bergaul dan menjaga hubungan baik dengan teman sejawat
(2)Berbagi dan sharing dengan teman sejawat
(3)Selalu memberi dan menerima yang sifatnya positif ke dan dari teman sejawat dalam diskusi formal dan informal
3.Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
(1)Berkomunikasi dengan seluruh peserta didik dari berbagai kalangan, tidak membedakan suku dan ras
(2)Berkomunikasi dengan peserta didik yang memerlukan bantuan dari berbagai kalangan, tidak membedakan suku dan ras..
Penilaian untuk Kompetensi 12

1.Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
(1)Guru memilki dokumen catatan kemajuan, kesuliatan belajar siswa
(2)Guru berkoordinasi dengan dengan teman sejawat / guru BK terkait masalah peserta didik
(3)Guru berkomunikasi dengan orang tua / wali murid
(4)guru memiliki catatan dan upaya tindak lanjut
2.Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
(1)Adanya sertifikat                                                     
(2)Adanya surat tugas                             
(3)Mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah
(4)Guru mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat
3.Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
(1)Adanya partisipasi di masyarakat ditandai dengan surat tugas / surat keterangan, dokumentasi kegiatan sekolah, klipping                     
(2)Guru menyadari bahwa sekolah bagian dari masyarakat
(3)Adanya program kesiswaan yang melibatkan masyarakat

Penilaian untuk Kompetensi 13

1.Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
(1.)Peta Standar Isi
(2.)Program tahunan / Semester yang memuat rincian alokasi waktu setiap SK/KD
(3.)Silabus yang memuat indikator dengan penetapan ranah kompetensi (kognitif/C,Afektif/A,Psikomotor/P)
2.Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
(1)RPP yang memuat informasi yang tepat dan mutakhir
(2)RPP memuat pengetahuan prasyarat
(3)RPP memuat alokasi waktu setiap kegiatan
3.Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
(1)Bahan ajar yang tepat dan mutakhir dan sesuai dengan perencanaan pembelajaran
(2)Pada PBM memperhatikan prasyarat pengetahuan siswa (apersepsi)
(3)Tidak ada aktifitas lain pada saat PBM, sbg contoh sambil membaca buku teks / Catatan
(4)Kegiatan PBM sesuai RPP
(5)Pada PBM guru memberikan tambahan informasi baru dengan tujuan menambah wawasan yang berkaitan dengan materi
Penilaian untuk Kompetensi 14

1.Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan  didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
(1)Jurnal harian catatan pribadi guru 
(2)Hasil wawancara dari nara sumber
(3)Opini pada jejaring sosial
(4)Catatan pribadi di notebook (Ipad)
(5)Klipping pribadi
(6)Foto / dokumentasi
(7)Instrumen evaluasi diri
2.Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
(1)Ada buku jurnal pembelajaran
(2)Buku catatan / masukan kolega
(3)copy hasil supervisi kepsek
(4)cacatan kegiatan  remedial / pengayaan
(5)memiliki hasil koreksi tugas siswa
3.Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan  perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
(1)memiliki RPP perbaikan
(2)memiliki catatan keunikan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
(3)memiliki catatan kasus kesulitan  guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
(4)memiliki  catatan kasus kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas
(5)memiliki atatan bimbingan dari atasan atau teman sejawat
4.Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
(1)memiliki RPP perbaikan
(2)Memiliki RPP berbagai model pembelajaran
(3)memiliki hasil analisis penilaian siswa dari berbagai  model (anates, itemen, SPSS)
(4)memiliki hasil PTK, karya Ilmiah, jurnal ilmiah
(5)memiliki karya ilmiah yang di publikasikan di koran
5.Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
(1)Memiliki piagam atau sertifikat sebagai peserta/ narasumber  seminar/ workshop
(2)Memiliki daftar hadir dalam kegiatan MGMP
(3)Memiliki modul pembelajaran yang dibuat sendiri
(4)Memiliki karya inovasi baik berupa alat peraga atau monumen sekolah
(5)Memiliki karya PTK di sekolah
(6)Memiliki piagam / sertifikat lomba KTI
6.Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
(1)dapat mengoperasikan windows office
(2)Dapat memanfaatkan LCD sebagai media pembelajaran
(3)dapat memanfaatkan  internet 
(4)dapat mendownload / upload file
(5)Memiliki email
(6)memiliki blogs
*****